Putri, Elisa Kurnia (2023) Implikatur Percakapan pada Pembelajaran Sekolah Luar Biasa Negeri Tamanagung sebagai Pembentukan Karakter. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Implikatur percakapan merupakan sesuatu yang disembunyikan dalam sebuah percakapan, yakni yang secara implisit terdapat dalam penggunaan bahasa secara aktual. Konteks memegang peranan yang sangat penting terkait dengan proses pemahaman terhadap percakapan yang bermakna tidak langsung. Konteks merupakan latar belakang pengetahuan yang sama-sama dimiliki oleh penutur dan mitra tutur yang memungkinkan mitra tutur untuk memperhitungkan implikasi tuturan dan memaknai arti tuturan dari mitra tutur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk lingual implikatur dan makna implikatur percakapan dalam pembelajaran pada sekolah luar biasa negeri Tamanagung, implikasi temuan data sebagai pembentukan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Pada tahap pengumpulan data, penelitin ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data model Miles dan Huberman. Pada tahap keabsahan data peneliti melakukan pengecekan secara berulang dan pengamatan secara tekun. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya bentuk lingual implikatur yang terkandung dalam percakapan guru dan siswa pada pembelajaran yang meliputi: (1) bentuk lingual implikatur berupa kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, dan ekslamatif. (2) Makna implikatur yang ditemukan berupa: makna implikatur asertif, direktif, ekspresif dan komisif. Implikasi temuan data sebagai pembentukan karakter yaitu dapat digunakan agar siswa mampu meningkatkan kegiatan berbicara secara baik dalam pendidikan, mampu memilih kata-kata yang santun dan terdidik dalam berbicara di kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implikatur, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Luar Biasa | |||||||||
Subjects: | 400 Language 400 Language > 410 Linguistics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Elisa Kurnia Putri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | elisakp11@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:06 | |||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:06 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17804 |
Actions (login required)
View Item |