Implikatur Percakapan pada Pembelajaran Sekolah Luar Biasa Negeri Tamanagung sebagai Pembentukan Karakter

Putri, Elisa Kurnia (2023) Implikatur Percakapan pada Pembelajaran Sekolah Luar Biasa Negeri Tamanagung sebagai Pembentukan Karakter. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Implikatur percakapan merupakan sesuatu yang disembunyikan dalam sebuah percakapan, yakni yang secara implisit terdapat dalam penggunaan bahasa secara aktual. Konteks memegang peranan yang sangat penting terkait dengan proses pemahaman terhadap percakapan yang bermakna tidak langsung. Konteks merupakan latar belakang pengetahuan yang sama-sama dimiliki oleh penutur dan mitra tutur yang memungkinkan mitra tutur untuk memperhitungkan implikasi tuturan dan memaknai arti tuturan dari mitra tutur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk lingual implikatur dan makna implikatur percakapan dalam pembelajaran pada sekolah luar biasa negeri Tamanagung, implikasi temuan data sebagai pembentukan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Pada tahap pengumpulan data, penelitin ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data model Miles dan Huberman. Pada tahap keabsahan data peneliti melakukan pengecekan secara berulang dan pengamatan secara tekun. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya bentuk lingual implikatur yang terkandung dalam percakapan guru dan siswa pada pembelajaran yang meliputi: (1) bentuk lingual implikatur berupa kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, dan ekslamatif. (2) Makna implikatur yang ditemukan berupa: makna implikatur asertif, direktif, ekspresif dan komisif. Implikasi temuan data sebagai pembentukan karakter yaitu dapat digunakan agar siswa mampu meningkatkan kegiatan berbicara secara baik dalam pendidikan, mampu memilih kata-kata yang santun dan terdidik dalam berbicara di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implikatur, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Luar Biasa
Subjects: 400 Language
400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Elisa Kurnia Putri
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuaedi, Hasannidn0710028702
UNSPECIFIEDMijianti, Yerrynidn0709108101
Contact Email Address: elisakp11@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:06
Last Modified: 17 Jul 2023 07:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17804

Actions (login required)

View Item View Item