HUBUNGAN KEPUASAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TANGGUL BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR

Rochma, Laela Nur (2023) HUBUNGAN KEPUASAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TANGGUL BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan merupakan salah satu indikator yang dapat membuktikan keberhasilan suatu pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Puskesmas dengan mutu pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan yang akhirnya akan memanfaatkan ulang pelayanan kesehatan tersebut. Penelitian ini menambahkan Theory of Planned Behavior sebagai pendekatan untuk memprediksi niat dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kepuasan dengan minat kunjungan ulang pada pasien rawat jalan di Puskesmas Tanggul. Desain penelitian korelasional. Populasinya adalah pasien dewasa >19 tahun dalam 1 bulan terakhir tahun 2022 di Instalasi Rawat Jalan Puskesmas Tanggul sebanyak 612 pasien. Penentuan sampel dengan rumus Slovin dan ditentukan sejumlah 242. Sampling menggunakan quota sampling. Variabel independen adalah kepuasan dan variabel dependen adalah minat kunjungan ulang, pengumpulan data kepuasan menggunakan lembar kuisioner dengan metode servqual (Service Quality) dan variabel minat kunjungan ulang menggunakan lembar kuisioner yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas. Analisis menggunakan spearmen rho dengan ketentuan p value <0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara kepuasan dengan minat kunjungan ulang pada pasien rawat jalan (p =<0,000; r=0,718). Arah hubungan positif dengan kekuatan hubungan kuat. Kepuasan berdampak pada minat kunjungan ulang pasien rawat jalan. Semakin tinggi nilai kepuasan semakin tinggi minat kunjungan ulang pada pasien rawat jalan. Oleh karena itu perlu kebijakan untuk meningkatkan pelayanan di layanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pasien Rawat Jalan, Minat Kunjungan Ulang
Subjects: 300 Social Science
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Laela Nur Rochma
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRohmah, Nikmaturnidn
UNSPECIFIEDHandayani, Luh Titinidn
Contact Email Address: laelanurrochma01@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:56
Last Modified: 27 Jul 2023 02:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18172

Actions (login required)

View Item View Item