PENGARUH MOTIVASI, MODAL USAHA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESUKSESAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER ANGKATAN 2019-2021DI ERA NEW NORMAL

Pratama, Dimas Hendra (2023) PENGARUH MOTIVASI, MODAL USAHA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESUKSESAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER ANGKATAN 2019-2021DI ERA NEW NORMAL. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (760kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (765kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Wirausaha menjadi kegiatan yang produktif bagi mahasiswa. Selain menjadi lebih kreatif, mahasiswa berwirausaha juga membantu pemulihan ekonomi yang saat ini sedang memburuk akibat pandemi covid-19. Dengan meningkatnya jumlah pengangguran di masa pandemi, sudah menjadi peran berbagai pihak untuk mengatasi permasalahan ini. Mahasiswa sebagai agen masa depan, diharapkan mampu untuk mencari solusi dari kondisi yang terjadi saat ini. Pendemi covid-19 memberikan pembelajaran yang sangat berharga terutama bagi mahasiswa untuk melakukan terobosan dalam berwirausaha. Karir bagi seseorang tidak hanya dimulai setelah lulus kuliah melainkan justru dimulai saat menjadi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Modal Usaha dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Proram Kewirausahaan. Dengan objek penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember angkatan 2019-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan menggunakan alat bantu SPSS 29 Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan kuisioner dengan jumlah sampel 148 responden yang diambil dengan sampel jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa variable motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesuksesan program kewirausahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Program Kewirausahaan (Y) sebagai variabel dependent, dan variabel independennya Motivasi (X₁) Modal Usaha (X₂) dan Pendidikan Kewirausahaan (X₃).. Kemudian Modal usaha berpengaruh berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesuksesan program kewirausahaan, dan Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesuksesan program kewirausahaan, serta didapatkan hasil analisis variable independen yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable dependen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, modal usaha, pendidikan kewirausahaan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Department: S1 Manajemen
Depositing User: Dimas Hendra Pratama
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSatoto, Eko Budinidn0716106702
UNSPECIFIEDWibowo, Yohanes Gunawannidn0709068406
Contact Email Address: hendraaadimasss10@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:53
Last Modified: 27 Jul 2023 03:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item