Identifikasi Spektrum Warna Sayuran di Kabupaten Jember (Sebagai Sumber Belajar Biologi Berupa Buku Nonteks)

Hidayah, Kutsiatul (2017) Identifikasi Spektrum Warna Sayuran di Kabupaten Jember (Sebagai Sumber Belajar Biologi Berupa Buku Nonteks). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Jember merupakan salah satu daerah yang memiliki sayuran yang cukup melimpah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber daya genetik sayuran dengan pengelompokan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki. Jenis penelitian ini adalah kualitatif . Penelitian dilakukan pada bulan April-Juni 2017. Lokasi pengambilan sampel, yaitu Kecamatan Kaliwates, Kalisat, Jenggawah, dan Tanggul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian identifikasi yang dilakukan ditemukan sebanyak 51 jenis sayuran. Spektrum warna yang dimiliki sayuran lokal Jember, yaitu warna merah, hijau, oranye (jingga), kuning, biru/ ungu/ hitam, dan putih/ cokelat/ sawo matang. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai sumber belajar biologi berupa buku nonteks untuk siswa SMA kelas X. Pengembangan produk berupa buku nonteks ini mendapatkan predikat sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli dan pengguna dengan nilai rata-rata 86% dan sudah layak untuk digunakan sebagai sumber belajar berupa buku pengayaan nonteks.

Item Type: Article
Additional Information: KUTSIATUL HIDAYAH (1310211006)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Spektrum Warna Sayuran dan Sumber belajar biologi
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:22
Last Modified: 19 Jun 2019 03:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item