Peningkatan Kreativitas Matematika Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII B MTs Baitul Arqom)

Anugrah, Melina Yoana (2016) Peningkatan Kreativitas Matematika Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII B MTs Baitul Arqom). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL ARTIKEL.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran Quantum Teaching di MTs Baitul Arqom tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, satu pertemuan terdiri dari dua jam dan satu jam pelajaran selama 40 menit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Baitul Arqom yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini adalah keseluruhan pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas bangun persegi dan persegi panjang dengan model pembelajaran Quantum Teaching. Data penelitian diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas VII B MTs Baitul Arqom. Adapun proses pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching adalah sebagai berikut: 1) Pendahuluan, yaitu guru melakukan perbaikan model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. 2) Kegiatan inti, siswa mengerjakan LKS dan soal tes siklus yang disusun secara khusus dengan model pembelajaran Quantum Teaching. 3) Penutup, siswa dan guru merayakan keberhasilan siswa yang telah mendemonstrasikan hasil LKS di depan kelas. Peningkatan kreativitas siswa dalam mata pelajaran matematika dapat dilihat dari peningkatan setiap indikator kreativitas yang diteliti yaitu: 1) Fluency (Kelancaran) adalah 83%, meningkat 27% dalam kategori baik. 2) Fleksibility (keluwesan) adalah 86%, meningkat 37% dalam kategori sangat baik. 3) Originality (Keaslian) adalah 52%, walau masih dalam kategori kurang sekali tetapi meningkat 11%.

Item Type: Article
Additional Information: Melina Yoana Anugrah (1210251008)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kreativitas Matematika, Keliling dan Luas Bangun Persegi dan Persegi Panjang
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 20 May 2019 03:55
Last Modified: 20 May 2019 03:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item