Implementasi Kebijakan Program Desa Digital Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Supriyono, Supriyono (2023) Implementasi Kebijakan Program Desa Digital Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (913kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Kebijakan Program Desa Digital Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri dari lima orang diantaranya: Kepala Desa, Perangkat desa (1 orang), dan pihak masyarakat (1 orang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Komunikasi di dalamnya menggunakan indikator yang digunakan sebagai titik kunci keberhasilan komunikasi yaitu seberapa jelas informasi, tujuan dan sasaran. Pada kejelasan informasi tidak terdapat bias sehingga penyampaian informasi dapat diterima dengan baik sehingga memperkecil potensi kesalahan. Dalam tujuan dan sasaran implementasi program desa digital di Desa Sidomulyo sudah sangat jelas sehingga dapat membentuk konsistensi dalam membangun dan mengembangkan program desa digital dari tahun 2021 hingga tahun berjalan 2023. Kedua, Sumber daya di dalamnya menggunakan indikator yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu sumber daya yaitu jumlah dan kemampuan staff, informasi dalam pelaksanaan kebijakan, kewenangan implementor, dan Fasilitas. Pada implementasi program desa digital sudah baik karena tidak kekurangan staff dan seluruh pelaksana yang kompeten yang dapat dilihat dari dapat diselesaikannya setiap permasalahan yang terjadi secara optimal. Ketiga, Disposisi didalamnya menggunakan indikator yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan sumber daya yaitu pemahaman pelaksanaan, arahan dan tanggapan pelaksanaan, serta intensitas respon. Dalam implementasi program desa Digital di Desa Sidomulyo mengenai pemahaman pelaksanaan belum optimal karena masih terbatas hanya pada pemerintah desa dan tim Media Centre saja. Keempat, Struktur birokrasi didalamnya menggunakan indikator yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan sumber daya yaitu standar operasional prosedur (SOP). Dalam proses implementasi program desa digital di Desa Sidomulyo dalam struktur birokrasi belum dapat terlaksana dengan maksimal karena masih ditemukan hambatan dalam implementasinya yang disebabkan oleh tidak adanya penerapan dan pemberlakuan SOP dalam setiap program yang akan dijalankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, Desa Digital, Pelayanan Publik
Subjects: 300 Social Science > 350 Public Administration and Military Science > 351 Public Administration
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Department: S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Supriyono Supriyono
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSiswanto, EdhiNIDN0718036902
Contact Email Address: supric123@gmail.com
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:41
Last Modified: 28 Jul 2023 07:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18423

Actions (login required)

View Item View Item