Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Model Pembelajaran Konvensional (Pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas di Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Kemiri, Panti Tahun Pelajaran 2015/2016 )

Kiptiyatul, Siti (2016) Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Model Pembelajaran Konvensional (Pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas di Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Kemiri, Panti Tahun Pelajaran 2015/2016 ). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatar belakangi oleh pelajaran matematika tidak begitu diminati oleh para siswa. Sebagian siswa menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sukar dan membosankan dan hasil belajar siswa di bidang matematika relatif lebih rendah dari pada mata pelajaran yang lain. Oleh karena itu, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Model tersebut yaitu model pembelajaran Missouri Mathematics Project, sehingga siswa dapat saling berinteraksi dengan siswa lain dengan tujuan belajar bersama. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan model pembelajaran konvensional dan manakah yang lebih baik antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTs Bustanul Ulum, Kemiri pada bulan Mei 2016. Subyek penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil pre-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung ≤ Z table yaitu -0,301 ≤ 1.96. Hasil dari hipotesis pertama menunjukkan terdapat perbedaan dari hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung = -2,58 dan Ztabel = 1,96. Sedangkan untuk hipotesis kedua juga menunjukkan terdapat perbedaan nilai yang didapatkan dari hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai nilai Zhitung = -2,58 dan Ztabel = 1,96. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project menunjukan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Additional Information: Siti Kiptiyatul (1210251061)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar, Prisma dan Limas
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 21 May 2019 02:53
Last Modified: 21 May 2019 02:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item View Item