STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DI ERA DIGITAL PADA UMKM DONAT RATU

Rahmawati, Anissa (2023) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DI ERA DIGITAL PADA UMKM DONAT RATU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
C. BAB 1.pdf

Download (124kB)
[img] Text
D. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (360kB)

Abstract

Perubahan lingkungan bisnis menjadi salah satu keadaan yang sulit untuk diramalkan, diperkirakan dan dipastikan di masa mendatang. Saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia semakin meningkat akan kompleksitas, persaingan, perubahan dan ketidakpastian bisnis. Keadaan ini menimbulkan persaingan yang ketat antar pengusaha, baik karena persaingan yang semakin meningkat dan pesatnya perkembangan teknologi yang juga berpengaruh pada bisnis. Persaingan dalam bisnis kuliner adalah salah satu bidang yang semakin banyak peminat dan membuat persaingan pada bisnis kuliner semakin meningkat. UMKM Donat Ratu adalah UMKM yang berdiri pada 2019 di Kecamatan Kalisat dan merupakan salah satu usaha yang menggunakan media sosial sebagai tempat pemasaran produknya. Pemasaran yang dilakukan secara daring merupakan salah satu cara sangat tepat untuk usaha yang dilakukan di era digital ini, seperti hasil dari penelitian Santy Permata Sari (2020), melakukan penelitian tentang Strategi Meningkatkan Penjualan di Era Digital, yang menunjukkan bahwa faktanya konsumen telah terbiasa dengan pembelian secara online. Penerapan analisis SWOT juga salah satu strategi yang tepat agar dapat menghadapi persaingan serta meningkatkan daya saing untuk UMKM Donat Ratu, seperti hasil penelitian dari Anggraeni, P., Sunarti, S., & Mawardi, M. K. (2017) menunjukkan bahwa dengan analisis SWOT dapat diketahui posisi perusahaan sehingga dapat menentukan strategi untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Penelitian ini dibuat untuk memecahkan masalah yang ada pada UMKM Donat Ratu, yaitu strategi altenatif pemasaran untuk meningkatkan daya saing pada era digital dengan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dan informasi yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan secara langsung melalui wawancara dan observasi, serta secara tidak langsung melalui studi pustaka. Hasil penelitian ini berdasarkan Diagram SWOT dan Matriks Internal-Eksternal menunjukkan bahwa UMKM Donat Ratu berada pada posisi Menjaga dan Bertahan (Hold and Maintain). Dengan hasil analisis Diagram SWOT dan Matriks IE (Internal-Eksternal), posisi UMKM Donat Ratu berada pada posisi yang menguntungkan sehingga strategi yang cocok digunakan adalah strategi intensif-agresif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Era Digital, Matriks IE, Matriks SWOT, Strategi Pemasaran
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 659 Advertising
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Department: S1 Manajemen
Depositing User: Anissa Rahmawati
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuharto, AkhmadNIDN0701126202
Thesis advisorSamsuryaningrum, Ira PuspitaNIDN0727078103
Contact Email Address: anissarahmawati619@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:52
Last Modified: 31 Jul 2023 01:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18572

Actions (login required)

View Item View Item