Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer dengan Software Adobe Flash CS6 pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok

Umam, Fawaizul (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer dengan Software Adobe Flash CS6 pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
1. BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada pokok bahasan kubus dan balok, 2) mengetahui kualitas dari media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada langkah-langkah pengembangan menurut Thiagaraja, dkk(1974:5), yaitu : 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan), 3) Develop (pengembangan), 4) Dessiminate (penyebaran). Adapun hasil dari pengembangan media pembelajaran matematika ini adalah 1) Telah dikembangkan media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Software Adobe Flash CS6 Pada pokok bahasan kubus dan balok dengan menampilkan sistem soal acak, 2) menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil lembar validari untuk ahli materi dan ahli media yang mendapat skor rata-rata sebesar 4,31 dan 4,53 sudah dapat dikategorikan sangant valid. Selain valid menurut para ahli, media ini juga dapat dikatakan praktis karena media ini dinyatakan layak untuk di ujicobakan dengan sedikit revisi berdasarkan komentar di lembar validasi. Hasil dari uji tes soal yang menunjukkan bahwa 79% siswa tuntas dengan kategori baik dan skor rata-rata respon positif siswa sebesar 4,642 dikategorikan sangat baik, maka media pembelajaran ini dikategorikan efektif. Berdasarkan dari ketiga kriteria tersebut media ini dikategorikan sebagai media yang berkualitas baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, Adobe Flash CS6
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 22 May 2019 03:36
Last Modified: 01 Oct 2019 08:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1865

Actions (login required)

View Item View Item