Harjito, Lelita Oktafianti (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (625kB) | Preview |
|
Text
1 Halaman sampul.pdf Download (188kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (266kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (273kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah penguasaan matematika yang masih sangat kurang. Rendahnya penguasaan matematika siswa Indonesia tercermin dari rendahnya prestasi siswa Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional. Berdasarkan survey TIMSS 1999-2011 menunjukkan bahwa prestasi siswa Indonesia di tingkat internasional masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain. Dan berdasarkan survey TIMSS 2007 menunjukkan kemampuan kognitif siswa Indonesia paling rendah pada materi Geometri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 04 sampai 13 April 2017 di SMP Negeri 12 Jember di kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan 2 tahap yaitu analisis awal dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak ada perbedaan hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung < Z tabel yaitu -0,613 < -1,96. Sedangkan dari hasil posttest diketahui bahwa terdapat perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung > Z tabel yaitu -3,257 > -1,96, dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik (84,78) dibanding kelas kontrol (70,67). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Auditroy Intellectualy Repetition (AIR), hasil belajar siswa, luas permukaan dan volume kubus dan balok | ||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | ||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] | ||||||
Depositing User: | Hendri UF | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 24 May 2019 03:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2019 10:38 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1872 |
Actions (login required)
View Item |