Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa



Harjito, Lelita Oktafianti (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of 1 Halaman sampul.pdf] Text
1 Halaman sampul.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penguasaan matematika yang masih sangat kurang. Rendahnya penguasaan matematika siswa Indonesia tercermin dari rendahnya prestasi siswa Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional. Berdasarkan survey TIMSS 1999-2011 menunjukkan bahwa prestasi siswa Indonesia di tingkat internasional masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain. Dan berdasarkan survey TIMSS 2007 menunjukkan kemampuan kognitif siswa Indonesia paling rendah pada materi Geometri.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2016/2017.

Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 04 sampai 13 April 2017 di SMP Negeri 12 Jember di kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan 2 tahap yaitu analisis awal dan uji hipotesis.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak ada perbedaan hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung < Z tabel yaitu -0,613 < -1,96. Sedangkan dari hasil posttest diketahui bahwa terdapat perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung > Z tabel yaitu -3,257 > -1,96, dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik (84,78) dibanding kelas kontrol (70,67).

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun pelajaran 2016/2017.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hatip, Mochamad
nidn8702165

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Auditroy Intellectualy Repetition (AIR), hasil belajar siswa, luas permukaan dan volume kubus dan balok
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 24 May 2019 03:10
Last Modified: 25 Sep 2019 10:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item