Afrilliyansyah, One (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika SMA pada Pokok Bahasan Kaidah Pencacahan Yang Bermuatan Nilai-nilai Islam. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN (hal I - XVII).pdf Download (407kB) |
||
Other
BAB_I_(hal_1-8).PDF Download (329kB) |
||
Text
BAB_II_(hal 9-23).pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
Other
BAB_III_(hal_24-33).PDF Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
Other
BAB_IV_(hal_34-46).PDF Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V (hal 47-49).pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
Other
DAFTAR_RUJUKAN_(hal_50-51).PDF Download (91kB) |
Abstract
Harapan sekolah berlatar belakang Islam untuk dapat menyampaikan nilai-nilai keislaman diberbagai aspek pembelajaran termasuk matematika tidak diimbangi dengan ketersediaan sumber belajar yang mendukung. Selain itu banyak siswa yang masih sangat bergantung pada kehadiran guru dalam belajar. Keadaan ini mendorong adanya penelitian dan pengembangan bahan ajar berupa modul yang memuat nilai-nilai Islam untuk mengarahkan siswa belajar lebih mandiri. Sehingga tujuan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan modul pembelajaran matematika yang bermuatan nilai-nilai Islam dan mendeskripsikan kualitas produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikemukakan oleh McKenny meliputi tahapan studi pendahuluan (preliminary research), pengembangan (Prototyping phase), dan evaluasi (assessment phase). Deskripsi kualitas meliputi kevalidan (Validity), keefektifan (Effectiveness), dan kepraktisan (Practically). Pada penelitian dan pengembangan ini produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran matematika SMA pada pokok bahasan kaidah pencacahan yang bermuatan nilai-nilai Islam. Analisis data hasil uji coba menunjukkan kualitas modul telah dinyatakan valid dengan rata-rata jawaban validator 4,56, efektif dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 67%, dan praktis dengan rata-rata respon (jawaban) siswa sebesar 4,29.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Nilai-Nilai Islam, Kualitas, Kaidah Pencacahan | ||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | ||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] | ||||||
Depositing User: | Hendri UF | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 27 May 2019 02:05 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2019 09:48 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1877 |
Actions (login required)
View Item |