Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Islam Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Murder di SMP Muhammadiyah 1 Jember

Akbar, En Ansori (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Islam Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Murder di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Jember rendah. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang semangat. Model pembelajaran Murder merupakan inovasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Murder dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan prosentase ketuntasan siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Prosentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 46.2 % meningkat menjadi 88.4 % pada siklus 2. Penerapan model pembelajaran Murder dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Murder dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Additional Information: En Ansori Akbar (1210911005)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, model pembelajaran Murder
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 20 Jun 2019 04:09
Last Modified: 20 Jun 2019 04:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1892

Actions (login required)

View Item View Item