Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 09 Watukebo

Mubarok, Romdoni (2016) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 09 Watukebo. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran Al Islam seringkali disebabkan oleh kurang efektifnya sistem atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Seolah-olah kegiatan belajar mengajar dalam kelas hanya meliputi datang, duduk, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat atau bahkan mengkopi apa adanya segala informasi yang dipresentasikan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut setidaknya telah banyak model pembelajaran aktif yang ditawarkan. Misalnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun Rumusan Masalah dalam peneletian ini adalah Bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 9 watukebo. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A terhadap mata pelajaran Al Islam melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi meliputi semua aktifitas pengambilan data dan refleksi meliputi semua aktifitas analisis data. Tempat penelitian ini di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo, subjek penelitian ini siswa kelas VIII A dengan jumlah 36 anak dengan komposisi 21 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai 76 atau lebih, dari 9 siswa atau 25% meningkat sampai 31 siswa atau 86,11% dari jumlah 36 siswa pada mata pelajaran Al Islam kelas VIII A SMP Muhammadiyah 09 watukebo. Secara kuantitatif hal ini dapat dibuktikan melalui hasil penilaian observasi yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas dari pra siklus, siklus 1 sampai dengan siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam Kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 09 Watukebo dan dapat disimpulkan kooperatif tipe jigsaw mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa dan sangat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Additional Information: Romdoni Mubarok (1010911024)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 21 Jun 2019 01:45
Last Modified: 21 Jun 2019 01:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item