Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di SMA Baitul Arqom

Lailiyah, Aida Fithrotul (2017) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di SMA Baitul Arqom. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL..pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan perawatan jenazah siswa kelas XI IPA SMA Baitul Arqom Balung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian yaitu pada 11 Nopember 2016 sampai 18 Nopember 2016 di kelas XI IPA SMA Baitul Arqom Balung. Metode pengumpulan data adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Aktivitas siswa meningkat selama penerapan pembelajaran metode demonstrasi yakni secara klasikal prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 52% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran metode demonstrasi dalam materi pengurusan jenazah telah membuktikan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi, hasil belajar siswa meningkat dengan presentase dari prasiklus, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan di setiap pertemuan serta berhasil memenuhi kriteria ketuntasan.

Item Type: Article
Additional Information: Aida Fithrotul Lailiyah (1010911039)
Uncontrolled Keywords: demonstrasi, pengurusan jenazah, hasil belajar
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 21 Jun 2019 01:50
Last Modified: 21 Jun 2019 01:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item View Item