Hubungan Intensitas Bermain Game Online Mobile Legend dengan Self Regulated Learning Siswa SMAN 1 Prajekan di Bondowoso

Putra, Bayu Dwi Maulana (2023) Hubungan Intensitas Bermain Game Online Mobile Legend dengan Self Regulated Learning Siswa SMAN 1 Prajekan di Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (865kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (641kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (723kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
J. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (918kB)

Abstract

Self Regulated Learning merupakan suatu proses individu dalam mengatur pola belajarnya secara mandiri untuk memperoleh pengetahuan, seperti penetapan tujuan, perencanaan, strategi pembelajaran, penguatan diri dan intruksi diri. Self regulated learning sangat dibutuhkan oleh siswa dalam mengatur dirinya dalam meningkatkan kemampuan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online mobile legend dengan self regulated learning siswa SMAN 1 Prajekan di Bondowoso. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Prajekan sebanyak 168 dengan sampel 122 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan Google Form dan penyebaran melalui pesan Whatsapp. Skala yang digunakan yaitu skala Intensitas Bermain Game Online yang diadaptasi dari penelitian Nugroho (2020) (18 item; α= 0.920). Skala Self Regulated Learning diadaptasi dari penelitian Sari & linsiya (2022) (14 item; α= 0.698). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang negatif signifikan antara variabel intensitas bermain game online mobile legend (X) dengan variabel self regulated learning (Y) sebesar (r = -0.461 ; p < 0.05). Artinya semakin tinggi intensitas bermain game online mobile legend maka semakin rendah self regulated learning pada siswa, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Intensitas Bermain Game Online Mobile Legend, Siswa
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Bayu Dwi Maulana Putra
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorErvina, IinNIDN0024107501
Thesis advisorSari, Anggraeni swatikaNIDN0708108806
Contact Email Address: bayuuuudwi@gmail.com
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:37
Last Modified: 11 Aug 2023 04:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19012

Actions (login required)

View Item View Item