Rizqulloh, Mochammad Wafi (2023) Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pada Pasien Tuberculosis Rawat Jalan Di Puskesmas Mayang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (463kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (567kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
12. ARTIKEL.pdf Download (689kB) |
Abstract
Puskesmas adalah salah satu bentuk upaya pemerintah dalam menyelenggarakan kesehatan kepada masyarakat. Pemerintah bertujuan mensejahterahkan kehidupan masyarakat dengan memperhatikan kesehatannya, salah satunya terutama pada pasien tuberculosis yang dimana pasien tuberculosis tersebut membutuhkan waktu pengobatan kurang lebih selama 6 bulan secara rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang pada pasien tuberculosis rawat jalan di Puskesmas Mayang. Metode: Desain penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien tuberculosis rawat jalan di Puskesmas Mayang sebanyak 92 orang, Sampel yang digunakan sebanyak 75 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode quota sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner mutu pelayanan dan minat kunjungan ulang. Analisis data menggunakan uji Spearman rho. Hasil: Tingkat signifikan 5% (0,05) hasil uji statistik rank spearman rho, yakni sig (0,003) < 0,05 dengan nilai r 0,340 dengan kekuatan hubungan cukup kuat, maka H1 diterima. Artinya terdapat hubungan mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang pada pasien tuberculosis rawat jalan di Puskesmas Mayang. Analisis: Tingkat mutu pelayanan pada pasien tuberculosis rawat jalan di Puskesmas Mayang berada pada tingkat cukup bermutu sebanyak 45 responden (60%) dan minat kunjungan ulang berada pada kategori berminat sebanyak 38 responden (50,7%). Diskusi: Penelitian ini diharapkan sebagai cara altenatif tenaga kesehatan disuatu layanan kesehatan untuk meningkatkan upaya promotif dan preventif pada permasalahan yang berhubungan dengan mutu pelayanan dan akan berpengaruh pada minat kunjungan ulang pasien. Saran: Diharapkan adanya evaluasi terkait mutu pelayanan dan berupaya meningkatkan pemberian pelayanan yang baik agar pasien merasa puas sehingga minat kunjungan ulang meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pelayanan, Minat Kunjungan Ulang | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Mochammad Wafi Rizqulloh | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | mohwafie890@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 06:30 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 06:31 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19141 |
Actions (login required)
View Item |