IMPLEMENTASI NONDETERMINISTIC FINITE-STATE MACHINE PADA NPC (NON-PLAYABLE CHARACTER) GAME AKASHA’S RETALIARE

Abdul, Abdul Rahman (2023) IMPLEMENTASI NONDETERMINISTIC FINITE-STATE MACHINE PADA NPC (NON-PLAYABLE CHARACTER) GAME AKASHA’S RETALIARE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (930kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Game adalah interaksi manusia-komputer yang dapat dimainkan oleh satu orang atau banyak orang. Game dapat meningkatkan kapasitas memori visuospatial diantaranya, multiple object tracking, mental rotation, dan change detection. (Boot, et al. 2008). Player versus environment, adalah jenis permainan dimana pemain fokus mengalahkan non-playable character (NPC) atau musuh. Dalam penelitian ini, Nondeterministic finite-state machine digunakan untuk membuat keputusan terhadap aksi dan reaksi pemain untuk mencegah kemenangan. NDFSM akan berfungsi dengan optimal untuk masalah-masalah non-linear. Sehingga dapat mengembangkan NPC yang dapat melakukan aksi-reaksi kombinasi yang sulit ditebak dari tindakan yang dilakukan oleh pemain. Model kualitas ISO/IEC 25010 digunakan dalam melakukan pengukuran kualitas game Akasha’s Retaliare dengan menggunakan karakteristik dan sub karakteristik pada model kualitas tersebut. Dari hasil pengujian state transition, NPC game Akasha’s Retaliare berhasil melalui setiap transisi state. Perilaku NPC menjadi dinamis dan tidak dapat diprediksi yang mengakibatkan gaya bermain akan bervariasi. Dan dari evaluasi karakteristik kualitas ISO/IEC 25010 dinyatakan bahwa game Akasha’s Retaliare “Sangat Layak” digunakan. Dengan persentase nilai evaluasi 86,17% dan nilai rata-rata 4,3 dari skala Likert.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akasha’s Retaliare, Finite-state machine, Game, Non-deterministic finite-state machine, ISO/IEC 25010
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Abdul Rahman
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:04
Last Modified: 16 Aug 2023 06:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19276

Actions (login required)

View Item View Item