EFEKTIVITAS FAMILY HEALTH EDUCATION TERHADAP MASALAH KEPERAWATAN DEFISIT PENGETAHUAN PADA PASIEN DENGAN KASUS TB PARU DI DESA SUKORAMBI KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER

Utami, Nadia Sabillah (2023) EFEKTIVITAS FAMILY HEALTH EDUCATION TERHADAP MASALAH KEPERAWATAN DEFISIT PENGETAHUAN PADA PASIEN DENGAN KASUS TB PARU DI DESA SUKORAMBI KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK-1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
3. BAB I-1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
4. BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy

Abstract

Proses penulurunan yang cukup mudah melalui droplet menjadikan angka kejadian tuberculosis menjadi terus meningkat. Apalagi didukung dengan pengetahuan keluarga sebagai support system pasien TB yang masih minim, menjadikan penularan penyakit ini pada orang lain sangat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas family health education terhadap masalah keperawatan defisit pengetahuan pada pasien dengan kasus TB Paru di Desa Sukorambi Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pasien dan keluarga dalam mengatasi masalah TB Paru. Desain penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan proses keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan. Penelitian dilaksanakan di Desa Sukorambi Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember dengan partisipan klien Tn. I, Ny. S dan Tn. H yang di diagnosa medis Tuberculosis Paru dengan masalah keperawatan prioritas deficit pengetahuan. Data pada klien diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan hasil dokumentasi. Hasil implementasi yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dengan perencanaan pendidikan kesehatan keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini, setelah dilakukan implementasi selama 3x24 jam maka didapatkan hasil evaluasi akhir pada pasien masalah deficit pengetahuan teratasi. Rekomendasi pada penelitian ini adalah kualitas family health education harus lebih ditingkatkan agar Masyarakat dapat lebih memahami dan mengelola informasi guna meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi penyakit TB Paru.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 615 Pharmacology and Therapeutics
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Nadia Sabillah Utami
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:51
Last Modified: 18 Aug 2023 01:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19315

Actions (login required)

View Item View Item