Fisioterapi Dada pada Masalah Keperawatan Bersihan Jalan Napas Tidak Efektif pada Pasien Pneumonia di RSD dr. Soebandi Jember

Dewi, Putri Surya (2023) Fisioterapi Dada pada Masalah Keperawatan Bersihan Jalan Napas Tidak Efektif pada Pasien Pneumonia di RSD dr. Soebandi Jember. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (944kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

Latar Belakang: Pneumonia merupakan penyakit yang menyebabkan kantung udara atau alveoli di paru-paru berisi nanah sehingga terjadi gangguan pernapasan yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Pneumonia menjadi penyebab angka kematian terbesar di dunia, Indonesia masuk dalam urutan ke-8 dari 15 negara dengan total kematian sebanyak 22.000 yang disebabkan oleh penyakit pneumonia. Perawatan standar selain antibiotik pada penderita pneumonia yaitu fisioterapi dada. Fisioterapi dada dapat memindahkan sekresi trakheobronkial jika dilihat dari hasil parameter klinis yakni frekuensi pernapasan dan saturasi oksigen. Teknik tersebut bisa diterapkan guna meningkatkan keefektifan jalan napas dan membuat pasien lebih nyaman dan meningkatkan saturasi oksigen. Tujuan: Melaksanakan intervensi fisioterapi dada pada pasien pneumonia dengan masalah keperawayan bersihan jalan napas tidak efektif di RSD dr. Soebandi Jember. Metode: Jenis penelitian yang menggunakan metode studi kasus. Studi kasus yang menjadi pokok bahasan penelitian ini adalah mengeksploitasi intervensi fisioterapi dada untuk mengatasi masalah bersihan jalan napas tidak efektif pada pasien pneumonia yang dilakukan pada 3 pasien. Hasil: Berdasarkan studi kasus yang telah dilakukan selama perawatan 3x24 jam pada 3 pasien didapatkan evaluasi bahwa bersihan jalan tidak efektif teratasi, sesak pasien berkurang dan dapat mengeluarkan sekret. Simpulan: Terdapat pengaruh antara fisioterapi dada dengan masalah keperawatan pada pasien pneumonia yang mengalami bersihan jalan napas tidak efektif. Rekomendasi dari studi kasus ini yaitu diharapkan tenaga kesehatan meningkatkan perlakuan fisioterapi dada pada pasien yang mengalami bersihan jalan napas tidak efektif sehingga tingkat kepatenan bersihan jalan napas dapat membaik.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Uncontrolled Keywords: Bersihan jalan napas tidak efektif, fisioterapi dada, pneumonia
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Putri Surya Dewi
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:52
Last Modified: 22 Aug 2023 01:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19451

Actions (login required)

View Item View Item