Implementasi Teknik Relaksai Deep Tissue Massage dengan Masalah Keperawatan Nyeri Akut pada Post Sectio Caesarea Atas Indikasi Preeklamsia Berat

Kurniawan, Eko Wahyu (2023) Implementasi Teknik Relaksai Deep Tissue Massage dengan Masalah Keperawatan Nyeri Akut pada Post Sectio Caesarea Atas Indikasi Preeklamsia Berat. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (440kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Masalah yang sering ditemukan pada pasca operasi adalah masalah sirkulasi, masalah saluran kemih, masalah luka, masalah gastrointestinal, dan masalah keamanan kenyamanan. Pembedahan dapat menimbulkan nyeri pasaca operasi pada klien, nyeri ini biasanya dirasakan 12 sampai 36 jam setelah pembedahan. Nyeri akibat pembedahan pada daerah abdomen (perut bagian dalam) sekitar 60% pasien menderita nyeri berat, 25% nyeri sedang dan 15% nyeri ringan. Salah satu pembedahan yang menimbulkan nyeri akut adalah sectio caesarea. Sectio Caesarea merupakan persalinan buatan dimana janin dilahirkan melalui sayatan pada dinding perut dan dinding rahim dengan sayatan rahim dalam keadaan utuh dan berat janin diatas 500 gram. Salah satu indikasi dilakukan sectio caesarea adalah preeklamsia berat. Pasien preeklamsia yang menjalani persalinan SC tidak begitu saja bebas setelah melakukan operasi SC, banyak masalah keperawatan yang dialami salah satunya nyeri akut. Mengatasi masalah tersebut, tenaga kesehatan perlu mempertimbangkan terapi non farmakologis yang dapat menurunkan rasa nyeri pasien post operasi dengan deep tissue massage. Tujuan : Melaksanakan intervensi teknik relaksasi deep tissue massage dengan masalah keperawatan nyeri akut pada post sectio caesarea atas indikasi preeklamsia berat. Metode : Desain Penelitian ini adalah studi kasus. Hasil : Berdasarkan evaluasi yang dilakukan selama 3 hari didapatkan hasil yaitu nyeri akut yang dirasakan oleh klien 1,2, dan 3 menurun berarti terapi relaksasi deep tissue massage pada klien 1,2, dan 3 yakni efektif. Kesimpulan : Pasien tampak rileks dan rasa nyeri menurun setelah diberikan terapi relaksasi deep tissue massage.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Uncontrolled Keywords: Deep Tissue Massage, Nyeri Akut, Post Setio Caesarea, Preeklamsia Berat.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Eko Wahyu Kurniawan
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:26
Last Modified: 22 Aug 2023 03:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19461

Actions (login required)

View Item View Item