HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PERSEPSI DAN PERILAKU PENGGUNAAN KONTRASEPSI INTRA UTERINE DEVICE PADA IBU PRIMIPARA PASCA SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT DAERAH BALUNG

Damayanti, Nuril Alifia (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PERSEPSI DAN PERILAKU PENGGUNAAN KONTRASEPSI INTRA UTERINE DEVICE PADA IBU PRIMIPARA PASCA SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT DAERAH BALUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (738kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (746kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Intra Uterine Device (IUD) merupakan sebuah alat kontrasepsi yang berguna untuk meminimalisasi risiko kesehatan reproduksi dalam jangka waktu yang lama, dalam penggunaannya perlu adanya optimalisasi persepsi tentang kontrasepsi intra uterine device ini dengan adanya support system dari suami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan suami dengan persepsi tentang kontrasepsi Intra Uterine Device pada ibu primipara pasca sectio caesarea di Rumah Sakit Daerah Balung. Metode: Desain penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini rata-rata sebulan dalam 3 bulan terakhir yaitu 62 pasien, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan sampel sejumlah 54 responden. Sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik quota sampling. Pengumpulan data dukungan suami dan persepsi menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan Spearman Rho dengan ketentuan α ≤ 0,05. Hasil: Didapatkan dukungan suami paling banyak yaitu kategori optimal sejumlah 31 (57,4%), sebagian besar persepsi ibu primipara tentang kontrasepsi IUD berada pada kategori positif sejumlah 37 (68,5%), dan sebagian besar perilaku penggunaan kontrasepsi IUD pada ibu primipara yaitu belum menggunakan IUD sejumlah 34 (63,0%). Hasil analisis menunjukkan nilai signifikan (p value) <0,0001 dengan koefisien korelasi sebesar 0,626 dan nilai signifikan (p value) 0,009 dengan koefisien korelasi sebesar 0,350. Kesimpulan: Ada hubungan kuat antara dukungan suami dengan persepsi tentang kontrasepsi Intra Uterine Device pada ibu primipara pasca Sectio Caesarea di Rumah Sakit Daerah Balung dan ada hubungan cukup antara dukungan suami dengan perilaku penggunaan kontrasepsi Intra Uterine Device pada ibu primipara pasca Sectio Caesarea di Rumah Sakit Daerah Balung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Suami, Persepsi, Perilaku Penggunaan Kontrasepsi Intra Uterine Device, Ibu primipara
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Nuril Alifia Damayanti
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:24
Last Modified: 26 Oct 2023 06:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20408

Actions (login required)

View Item View Item