DAMPAK GAME MOBILE LEGEND TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA PROGRAM STUDY ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER ANGKATAN TAHUN 2020

Firdaus, Iqbal Nafi'ul (2023) DAMPAK GAME MOBILE LEGEND TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA PROGRAM STUDY ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER ANGKATAN TAHUN 2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak faktor-faktor game Mobile Legends terhadap kecenderungan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember angkatan tahun 2020 dalam bermain. Faktor- faktor yang diteliti meliputi kemudahan diakses dan dimainkan, gameplay yang sederhana dan menarik, serta adanya fitur multiplayer dalam permainan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara kepada 5 responden mahasiswa. Hasil penelitian Menunjukkan bahwa faktor-faktor game Mobile Legends, yaitu mudah diakses dan dimainkan. gameplay yang sederhana dan menarik, serta fitur multiplayer, memiliki dampak yang signifikan terhadap kecenderungan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi untuk bermain. Faktor-faktor tersebut menciptakan pengalaman bermain yang menyenangkan, memudahkan partisipasi, dan memberikan kesempatan untuk berinteraksi sosial serta berkolaborasi dalam permainan. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa terdapat dampak negatif seperti perbedaan pendapat, konflik, dan perilaku toxic dalam komunitas permainan. Penggunaan Mobile Legends juga dapat mempengaruhi kualitas dan lamanya waktu interaksi sosial mahasiswa di dunia nyata. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana faktor-faktor game Mobile Legends mempengaruhi kecenderungan mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk bermain dan dampaknya terhadap interaksi sosial mereka. Implikasi dari temuan ini dapat membantu dalam pemahaman lebih lanjut mengenai penggunaan game dalam konteks akademik dan sosial mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mobile Legend, Interaksi Sosial, Mahasiswa
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 361 Social Problem & Social Welfare in General
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Iqbal Nafi'ul Firdaus
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:06
Last Modified: 07 Dec 2023 07:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20607

Actions (login required)

View Item View Item