Studi Fenomenologi Strategi Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Pasca Terdampak Covid-19 di TK Al Husen

Arifin, Shafira Farha (2023) Studi Fenomenologi Strategi Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Pasca Terdampak Covid-19 di TK Al Husen. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (992kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang penting terhadap sektor pendidikan, termasuk di TK Al Husen. Terbatasnya akses fisik ke sekolah dan perubahan gaya belajar menimbulkan tantangan baru dalam meningkatkan keterampilan membaca anak-anak. Guru memainkan peran kunci dalam mengembangkan strategi efektif untuk mengatasi pengaruh ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi yang digunakan guru di TK Al Husen untuk meningkatkan keterampilan membaca anak usia dini setelah mereka terkena dampak covid-19. Penelitian ini menggunakan studi kasus untuk mempelajari pengalaman guru dalam menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan guru TK Al Hussein yang mempunyai pengalaman mengajar anak usia dini pasca terdampak COVID-19. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Penelitian ini mengidentifikasi sejumlah strategi yang digunakan guru TK Al Hussein untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini pasca terdampak virus Covid-19. Strategi tersebut antara lain pemanfaatan teknologi, pembelajaran jarak jauh interaktif, penggunaan buku bacaan yang sesuai dan kerjasama dengan orang tua dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang menggunakan pembelajaran dan sumber belajar dapat menciptakan lingkungan belajar yang merangsang minat membaca anak. Kolaborasi dengan orang tua juga memberikan dukungan tambahan untuk meningkatkan praktik membaca di rumah. Pada saat yang sama, strategi yang terintegras dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan meningkatkan keterampilan membaca dengan cara yang menyenangkan. Guru di TK Al Husen berperan penting dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19 terhadap keterampilan membaca siswa. Mereka telah mengembangkan banyak strategi kreatif dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi sekolah dan pendidik lain yang menghadapi situasi serupa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 344 Labor, Social, Education & Curtural Law
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: SHAFIRA FARHA ARIFIN
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWardhani, Wahju Dyah LaksmiNIDN0706046703
UNSPECIFIEDKusumaningtyas, NurainiNIDN0721108101
Contact Email Address: shafirafarha22@gmail.com
Date Deposited: 09 Dec 2023 01:03
Last Modified: 09 Dec 2023 01:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20612

Actions (login required)

View Item View Item