Similarity (Pola Motivasi Mudir Dalam Mewujudkan Kemandirian Belajar Santri (Studi Kasus Di Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari))
PUTRA, DHIAN WAHANA (2023) Similarity (Pola Motivasi Mudir Dalam Mewujudkan Kemandirian Belajar Santri (Studi Kasus Di Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari)). LPPM Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
3-Sinta 3-2023.pdf.pdf Download (212kB) |
Abstract
Keberhasilan mudir pesantren dalam mendidik dan melahirkan generasi yang berkualitas, tidak
dapat dilepaskan dengan kesuksesan pesantren dalam menanamkan konsep “panca jiwa”
kepada para santrinya. Adapaun panca jiwa tersebut yaitu: keikhlasan, kesederhanaan,
kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan. Salah satu panca jiwa yang sangat relevan
untuk dikembangkan pada masa pandemi covid 19 ini adalah kemandirian santri. Santri di
tuntut untuk mampu belajar secara mandiri serta mampu melakukan keperluan pribadinya
sehari-hari. Pimpinan pesantren, dalam konteks ini adalah mudir, memiliki peran strategis
sebagai motivator bagi santri agar tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Dorongan yang
dilakukan oleh mudir akan memberikan energi dahsyat bagi santri. Penelitian ini bertujuan
untuk mengkaji dan menemukan pola motivasi yang dilakukan oleh mudir kepada santri dalam
mewujudkan kemandirian belajar. Motivasi mudir adalah usaha yang dilakukan oleh mudir
untuk menggerakkan santri dalam mencapai tujuan. Desain penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang di lakukan adalah deskriptif. Sedangkan
pengumpulan data menggunakan 3 (tiga) metode, yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola motivasi yang digunakan oleh
mudir dalam mewujudkan kemandirian belajar santri adalah: pertama, melalui keteladanan;
kedua, melalui peraturan disiplin santri; ketiga, melalui kegiatan ekstrakurikuler; dan keempat,
melalui implementasi visi dan misi pondok pesantren.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Motivasi Mudir, Kemandirian Belajar |
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.57 Religicus Experience, Life, Practice |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Dhian Wahana Putra, S.Pd.I, M.Pd.I. | dhianwahana@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 06 Jan 2024 02:06 |
Last Modified: | 06 Jan 2024 02:06 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |