Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini

Damayani, Widya Erin (2023) Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN (6).pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK (9).pdf

Download (625kB)
[img] Text
C. BAB I (5).pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN (7).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aspek sosial emosional anak merupakan aspek perkembangan yang berkenaan dengan kemampuan anak untuk belajar beradaptasi agar memahami situasidan emosi dalam berinteraksi dengan orang – orang disekitarnya, mendengarkan,mengamati dan meniru apa yang mereka lihat. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan yang berkenan dengan pemahaman peserta didik dan pengelolaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Guru perlu memiliki kompetensi pedagogik, dalam penelitian ini fokus pada kemampuan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran khususnya pada aspek sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan Sosial Emosional pada anak usia dini di TK AL- Kautsar. Penelitian ini menggunkan studi kasus untuk mempelajari pengalaman guru dalam menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi dengan guru kelompok A di TK AL-Kautsar. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis data Kualitatif. Hasil penelitian yang di peroleh bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di TK AL-Kautsar terdiri dari Perencanaan dan Pelaksanaan pembelajaran. Penting untuk guru mempunyai kompetensi pedagogik dalam mengembangkan sosial anak, dengan tujuan agar dapat menciptakan suasana kelas yang efektif bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik guru, sosial emosional
Subjects: 300 Social Science
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Widya Erin Damayani
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:49
Last Modified: 31 Jan 2024 03:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21034

Actions (login required)

View Item View Item