PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA DI MTSN 4 BANYUWANGI KELAS VII

Firdausy, Azzahra Wildatu (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA DI MTSN 4 BANYUWANGI KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (605kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Buku ajar merupakan sebuah media pembelajaran yang sangat penting perannya sebagai acuan dalam kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi, terkadang beberapa buku ajar masih dijumpai belum sepenuhnya menyesuaikan pada kebutuhan belajar siswa. Salah satunya pada fenomena yang terjadi di MTsN 4 Banyuwangi terhadap siswa dan guru dengan teknik wawancara dan pembagian angket pada siswa kelas VII, ditemukan data – data mengenai ketidaksesuaian pembelajaran yang ada di sekolah tersebut. Ketidaksesuaian ini mencakup kebutuhan belajar siswa yang tidak terpenuhi dikarenakan buku ajar yang dipergunakan masih belum bisa memaksimalkan capaian pembelajaran yang telah disusun sebelumnya. Buku ajar yang telah diberikan oleh pemerintah pusat, yang mana isi dari buku ajar tersebut bersifat untuk umum, hal ini tentu berakibat pada ketidaksesuaian pada kebutuhan dan keadaan siswa disekolah tersebut. Hal ini berdampak pada siswa – siswa disekolah tersebut yang masih belum memahami materi dan informasi yang ada pada buku ajar tersebut masih terbatas. Kebutuhan siswa yang tidak bisa dicapai dari buku ajar yang ada apabila tidak dibenahi akan mengakibatkan pasifnya siswa dalam kegiatan belajar. Oleh karena itu adanya pengembangan buku ajar ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa dan peran dari buku ajar yang menjadi acuan pembelajaran yang baik dan benar. Dari tahapan – tahapan yang dilakukan sesuai dengan prosedural yang ada didapatkan bahwa buku ajar pengembangan ini dikatakan layak guna dan mampu memberi kemudahan bagi pengajar dan siswa dalam pemenuhan kebutuhan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku ajar, SDL
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Azzahra Wildatu Firdausy
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:40
Last Modified: 27 Jun 2024 01:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21125

Actions (login required)

View Item View Item