Rafly, Ahmad Haidar (2024) ANALISIS PENGARUH KOMBINASI VARIABEL BERAT ROLLER PADA MOTOR MATIC 110CC TERHADAP PERFORMA MESIN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (442kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (521kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (488kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
10. JURNAL.pdf Download (863kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kombinasi variabel berat roller pada motor matic 110cc terhadap performa mesin. Metode penelitian melibatkan eksperimen dengan variasi berat roller yang berbeda untuk mengevaluasi dampaknya terhadap kinerja mesin. Data yang dikumpulkan melibatkan pengukuran performa mesin, termasuk akselerasi dan kecepatan maksimum. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan mengkombinasikan berat roller (11 gram dan 13 gram), (11 gram dan 15 gram), dan (13 gram dan 15 gram) dengan perbandingan berat roller 13 gram (standart). Pengujian menggunakan alat dynotest untuk mendapatkan niali daya dan torsi yang dihasilkan kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian nilai torsi 13 gram (standart) yaitu 12.49 N.m pada putaran mesin 5221 rpm, sedangkan nilai torsi tertinggi dicapai oleh kombinasi berat roller 13 gram dan 15 gram dengan nilai 13.12 N.m pada putaran mesin 5124 rpm. Pengujian nilai daya 13 gram (standart) yaitu 12 HP pada putaran mesin 8531 rpm, sedangkan nilai daya tertinggi dicapai oleh kombinasi berat roller 11 gram dan 15 gram dengan nilai 12.2 HP pada putaran mesin 8104 rpm. Hasil uji jalan menunjukkan bahwa kombinasi berat roller 11 gram dan 15 gram memiliki peningkatan signifikan terutama pada putaran tinggi. Dari data tersebut dapat disimpulkan, setelah mengkombinasikan berat roller yang berbeda nilai torsi dan daya mengalami perubahan pada performa mesin motor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kombinasi Berat Roller |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Ahmad Haidar Rafly |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 01:15 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 01:15 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21125 |
Actions (login required)
View Item |