PENGARUH BUDAYA KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Instansi Pemerintah Penyelenggara Urusan Kelautan dan Perikanan di Wilayah Eks Karesidenan Besuki)

ROSTINA, FIKRI (2024) PENGARUH BUDAYA KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Instansi Pemerintah Penyelenggara Urusan Kelautan dan Perikanan di Wilayah Eks Karesidenan Besuki). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (695kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
D. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (692kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Fikri Rostina,S.Pi, Magister Manajemen Program Pascasarjana Fakjultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember, Juni 2024, Pengaruh Budaya Kerja, Motivasi Kerja, dan Dukungan Organisasi terhadap Kinerja melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Instansi Pemerintah Penyelenggara Urusan Kelautan dan Perikanan di Wilayah Eks Karesidenan Besuki). Pembimbing I: Dr. Toni Herlambang, MM Pembimbing II: Dr. Abadi Sanosra, SE, MM. Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam suatu organisasi karena sumber daya manusia merupakan sebuah kumpulan dari sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Manajemen Sumber Daya Manusia harus berperan sebagai mitra strategis dalam mencapai tujuan organisasi. Hal ini dilakukan dengan mengintegrasikan strategi MSDM dengan strategi bisnis secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya kerja, motivasi kerja, dan dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya kerja, motivasi kerja, dan dukungan organisasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah pegawai Organisasi Perangkat Daerah pelaksana urusan kelautan dan perikanan di Kabupaten eks Karesidenan Besuki sebanyak 111 ASN Pemerintah Daerah. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus (sample jenuh). Variabel penelitian meliputi budaya kerja, motivasi kerja, dan dukungan organisasi sebagai variabel independen (eksogen), kepuasan kerja sebagai variabel intervening dan kinerja sebagai variabel dependen (endogen). Sumber data penelitian adalah data jawaban reponden atas kuesioner penelitian. Analisis data dalam penelitian ini digunakan SEM-PLS yang selanjutnya dianalisis dengan WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja, motivasi kerja, dan dukungan organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Motivasi kerja dan dukungan organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Budaya kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Budaya kerja, motivasi kerja, dan dukungan organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Kata Kunci: Budaya Kerja, Motivasi Kerja, Dukungan Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Pegawai

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Budaya Kerja, Motivasi Kerja, Dukungan Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Pegawai
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: FIKRI ROSTINA
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:08
Last Modified: 02 Jul 2024 04:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item View Item