PENGARUH MERGER DAN AKUISISI TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Putri, Yesica Melinda (2024) PENGARUH MERGER DAN AKUISISI TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (520kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (758kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah merger dan akuisisi berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Untuk mengetahui pengaruh merger dan akuisisi dilakukanlah perbedaan kinerja keuangan dan nilai perusahaan dari 1 tahun sebelum dan 1 tahun sesudah melakukan merger dan akuisisi. Kinerja keuangan yang diukur menggunakan rasio likuiditas dengan current ratio (CR), rasio aktivitas dengan total asset turnover ratio (TATO), rasio solvabilitas dengan debt to equity ratio (DER), rasio profitabilitas dengan net profit margin (NPM) dan return on asset (ROA). Nilai perusahaan diukur menggunakan price book value ratio (PBVR). Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang melakukan aktivitas merger dan akuisisi pada tahun 2018 sampai 2022. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan data yang diperoleh sebanyak 33 perusahaan. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Paired Sample T-Test karena data menunjukkan hasil berdistribusi normal. Dan untuk mengetahui secara serentak apakah terdapat perbedaan baik sebelum maupun sesudah merger dan akuisisi terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan maka dilakukanlah uji manova. Hasil uji Paired Sample T-Test pada CR, NPM dan ROA menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan TATO, DER dan PBVR menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan hasil uji manova menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan baik sebelum maupun sesudah merger dan akuisisi terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Kata Kunci: Merger dan akuisisi, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Merger dan akuisisi, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Yesica Melinda Putri
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:53
Last Modified: 09 Jul 2024 01:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21295

Actions (login required)

View Item View Item