PENGARUH KOMPETENSI PERANGKAT DESA DAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA TERHADAP TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MELALUI PERAN MASYARAKAT DI KABUPATEN PROBOLINGGO

Irawan, Bambang (2024) PENGARUH KOMPETENSI PERANGKAT DESA DAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA TERHADAP TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MELALUI PERAN MASYARAKAT DI KABUPATEN PROBOLINGGO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (639kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (777kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif signifikan Kompetensi Perangkat Desa, Penggunaan Aplikasi SISKEUDES terhadap Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa dengan Peran Masyarakat sebagai variabel Intervening pada Pemerintahan Desa di Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi penelitian Pemerintahan Desa di Kabupaten Probolinggo, dengan mengambil 100 orang responden sebagai sampel penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada seluruh responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0., sehingga evaluasi yang dilakukan terhadap dua model yaitu outer model dan inner model yang tersusun dari variabel Kompetensi Perangkat Desa (X1), Aplikasi SISKEUDES (X2), Peran Masyrakat (Z) dan Transparansi (Y). Hasil penelitian menunjukkan 1). Semakin Tinggi Kompetensi Perangkat Desa Semakin Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Peran Masyarakat yang ditunjukkan dengan hasil nilai β = 0,40 dan p-value < 0,001 ; 2). Semakin Tinggi Penggunaan Aplikasi SISKEUDES Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Peran Masyarakat yang ditunjukkan dengan hasil nilai β = 0,52 dan p-value < 0,001 ; 3). Semakin Tinggi Kompetensi Perangkat Desa Semakin Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa yang ditunjukkan dengan hasil nilai β = 0,29 dan p-value = 0,002 ; 4). Semakin Tinggi Penggunaan Aplikasi SISKEUDES Semakin Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa yang ditunjukkan dengan hasil nilai β = 0,38 dan p-value < 0,001; 5). Semakin Tinggi Peran Masyarakat Semakin Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa yang ditunjukkan dengan hasil nilai β = 0,22 dan p-value = 0,002 6). Semakin Tinggi Kompetensi Perangkat Desa Semakin Berpengaruh Positif Tetapi Tidak Signifikan Terhadap Tranparansi Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Peran Masyarakat yang ditunjukkan dengan nilai pengaruh tidak langsung β = 0,098 dan p-value = 0,090 7). Semakin Tinggi Penggunaan Aplikasi SISKEUDES Semakin Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Peran Masyarakat yang ditunjukkan dengan nilai pengaruh tidak langsung β = 0,116 dan p-value = 0,047. Pihak Pemerintahan Desa Kabupaten Probolinggo perlu memperhatikan hal Kompetensi Perangkat Desa karena faktor ini merupakan faktor yang sangat signifikan mempengaruhi Transparansi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Perangkat Desa, Aplikasi Sistem Keuangan Desa, Transparansi, Peran Masyarakat.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Bambang Irawan
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:48
Last Modified: 09 Jul 2024 06:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21313

Actions (login required)

View Item View Item