STUDI BERBAGAI KARAKTER AGRONOMIS DAN ANALISIS KANDUNGAN NIRA SORGUM (Sorghum bicolor (L) Moench) VARIETAS LOKAL DI DUGA MUTAN OLEH IRADIASI SINAR GAMMA

Pratama, Yusni Wahyu (2024) STUDI BERBAGAI KARAKTER AGRONOMIS DAN ANALISIS KANDUNGAN NIRA SORGUM (Sorghum bicolor (L) Moench) VARIETAS LOKAL DI DUGA MUTAN OLEH IRADIASI SINAR GAMMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (731kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB) | Request a copy

Abstract

Sorgum merupakan tanaman serealia yang potensial dikembangkan, khususnya di lahan marginal karena memiliki daya adaptasi yang tinggi. Pentingnya pemilihan varietas sorgum yang tepat ditekankan untuk mencapai hasil produksi yang optimal di Indonesia karena setiap varietas memiliki karakteristik unik, seperti tinggi tanaman, resistensi terhadap hama dan penyakit, serta toleransi terhadap kondisi lahan. Karakteristik lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah kandungan gula, rasa, dan waktu panen. Kandungan gula dalam nira batang sorgum bisa digunakan sebagai pengganti gula dan sirup dalam makanan, sementara nilai brixnya merupakan indikator kualitas nira. Metode mutasi dalam pemuliaan tanaman adalah salah satu langkah untuk menghasilkan varietas sorgum yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kadar nira pada tanaman sorgum. Penelitian yang dituliskan memakai dua komponen dan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan tiga ulangan yakni: faktor yang pertama varietas sorgum Lokal Bandung (A0), Lokal Demak (A1), Lokal Jember (A2) sedangkan faktor yang ke dua dosis iradiasi sinar gamma B0 (0 Gy), B1 (300 Gy), B2 (500 Gy) dengan total tanaman 135. Hasil penelitian menunjukan pemberian beberapa varietas sorgum dan dosis iradiasi sinar gamma pada parameter tinggi tanaman, diameter tanaman, analisis uji sukrosa, analisis uji fruktosa, analisis uji glukosa berpengaruh nyata dan sangat nyata. Interaksi beberapa varietas sorgum dan dosis iradiasi sinar gamma berpengaruh nyata dan sangat nyata terhadap parameter jumlah daun, analisis uji sukrosa, analisis uji fruktosa, dan analisis uji glukosa sedangkan untuk parameter lainnya tidak berpengaruh nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sorgum, Agronomis, Iradiasi Sinar Gamma dan Nira
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 631 Specific Techniques of
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Yusni Wahyu Pratama
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:12
Last Modified: 10 Jul 2024 07:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21347

Actions (login required)

View Item View Item