Rancang Bangun Smart Nutrition System Pada Teknik Budidaya Hidroponik Kangkung (Ipomoae Spp) & Bayam (Amaranthus Viridis) Berbasis IoT (Internet of Things)

Zulfan, Ahmad (2024) Rancang Bangun Smart Nutrition System Pada Teknik Budidaya Hidroponik Kangkung (Ipomoae Spp) & Bayam (Amaranthus Viridis) Berbasis IoT (Internet of Things). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (11MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Banyak masyarakat yang mulai menanam tanaman menggunakan metode hidroponik. Beberapa sayuran yang mudah perawatan dan memiliki waktu penen yang sangat cepat dengan sistem hidroponik adalah kangkung dan bayam. Salah satu permasalahan yang muncul adalah kurangnya penggunaan alat Smart Nutrition Monitoring System dalam memonitoring dan mengontrol dua jenis tanaman yang membutuhkan perlakuan berbeda. Berdasarkan hal tersebut maka penulis membuat penelitian“Rancang Bangun Smart Nutrition Monitoring System Pada Teknik Budidaya Hidroponik Kangkung (Ipomea Spp) & Bayam (Amaranthus Viridis) Berbasis Internet Of Things”. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan melakukan perancangan dan pembuatan alat. Perancangan desain dan implementasi proses inputan terdapat pada sensor ultasonik, sensor Ph, sensor TDS, dan sensor DHT11, kemudian mikrokontroler ESP32 sebagai pemrosesan data dan solenoid valve, pompa DC, dan aplikasi MQTT sebagai output hasil pemprosesan. Berdasarkan nilai pengujian yang sudah dilakukan pada sensor ultrasonik dengan jumlah pengujian sebanyak 5 kali didapatkan rata-rata error sebesar 4.4%. Sensor TDS dapat mendeteksi larutan bening, agak keruh, keruh, sangat keruh dengan pengujian yang dilakukan sebanyak 4 kali dengan rata-rata error sebesar 2.33%. Sensor pH dapat mendeteksi larutan tawar, asam, sangat asam dan basa dengan pengujian yang dilakukan sebanyak 4 kali dengan rata-rata error sebesar 2.28%. Hasil pengujian sensor DHT11 dengan pengujian sebanyak 5 kali didapatkan ratarata error untuk sushu sebesar 4.3% dan untuk rata-rata error untuk kelembapan sebesar 2.78%. kinerja alat berfungsi dengan baik dengan tingkat keberhasilan 100% dengan masing-masing akurasi pada tanaman kangkung 98.63% dan bayam 94.16%. Kata Kunci: MQTT, Hidroponik, Suhu,Kelembapan, TDS, pH.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MQTT, Hidroponik, Suhu,Kelembapan, TDS, pH
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1)
Depositing User: Ahmad Zulfan
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:34
Last Modified: 12 Jul 2024 01:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21421

Actions (login required)

View Item View Item