Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Kebijakan Dividen : Konsentrasi Kepemilikan dan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi Untuk Perusahaan Manufaktur yang ada di Bursa Efek Indonesia

Sugiono, Pandu Bayu Aji (2024) Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Kebijakan Dividen : Konsentrasi Kepemilikan dan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi Untuk Perusahaan Manufaktur yang ada di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (834kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan Dividen merupakan salah satu faktor yang penting bagi perusahaan untuk menunjukkan kepada investor seberapa baik perusahaan dapat mengelola modal yang diberikan investor. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bukti secara empiris bagaimana manajemen laba mempengaruhi kebijakan dividen, lalu apakah konsentrasi kepemilikan dapat memoderasi pengaruh manajemen laba terhadap kebijakan dividen dan profitabilitas dapat memoderasi pengaruh manajemen laba terhadap kebijakan dividen. Studi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel berupa perusahaan manufaktur yang ada di BEI dari periode 2020-2023. Seleksi sampelmenggunakan purposive sampling dengan hasil akhir didapat 168 total sampel. Analisis statistic yang dipakai adalah moderate regression analysis menggunakan SPSS versi 26. Hasilnya menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh besar terhadap kebijakan dividen, konsentrasi kepemilikan tidak efektif dalam memoderasi hubungan manajemen laba dengan kebijakan dividen dan profitabilitas memoderasi dengan baik hubungan manajemen laba dengan kebijakan dividen. Hasil tersebut membuktikan bahwa pihak manajer dengan diskresinya dapat memilih metode akuntansi yang tepat dalam memanajemen laba agar terlihat bagus di mata investor dan di sisi lain profitabilitas dapat mempengaruhi manajemen laba karena ketika profitabilitas kecil maka pihak manajemen mempunyai motif untuk memanajemen laba agar profitabilitas terlihat lebih besar. Implikasi dari riset ini dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi perusahaan dalam membuat keputusan dan tolak ukur bagi investor dalam menilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Kebijakan Dividen, Konsentrasi Kepemilikan, Profitabilitas
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Pandu Bayu Aji Sugiono
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:58
Last Modified: 12 Jul 2024 07:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21467

Actions (login required)

View Item View Item