Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Systematic Approach To Problem Solving Dan Strategi Ekspositori Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Pada Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015

Pratiwi, Hamidah Dwi (2015) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Systematic Approach To Problem Solving Dan Strategi Ekspositori Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Pada Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Other (PENDAHULUAN)
Pdf.rar

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Other (LAMPIRAN)
4. LAMPIRAN.rar
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan proses pembelajaran yang masih didominasi oleh guru sehingga membuat siswa pasif. Pada umumnya guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional dengan strategi ekspositori yang menggunakan metode gabungan, yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dengan pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered). Akibatnya siswa merasa jenuh dan pembelajaran yang diterima berdasarkan apa kata guru. Disamping itu, pelajaran matematika masih dianggap sulit oleh siswa dikarenakan proses pembelajaran di atas. Akibatnya, siswa selalu memandang matematika sebagai pelajaran yang “menakutkan”. Hal demikian berdampak bagi hasil belajar siswa dan mutu pendidikan di sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu adanya perbandingan model, pendekatan, strategi, dan metode dalam pembelajaran, yaitu perbandingan antara Systematic Approach To Problem Solving dan strategi Ekspositori. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Jember bulan April. Subjek penelitian adalah 60 siswa di dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII C. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu, satu kelas eksperimen belajar dengan menggunakan pembelajaran Systematic Approach To Problem Solving dan satu kelas kontrol belajar dengan menggunakan pembelajaran dengan strategi ekspositori. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai -Z½(1 –α) ≤Zhitung≤Z½(1–α) yaitu -1,96≤1,60≤1,96. Dari hasil posttest dari uji dua pihak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung sebesar 5,14 yang artinya Zhitung terletak di luar daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Systematic Approach To Problem Solving, Strategi Ekspositori, Luas Permukaan dan Volume Pada Kubus dan Balok
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:49
Last Modified: 04 Mar 2024 02:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21471

Actions (login required)

View Item View Item