Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dan Kompetensi Terhadap Pencapaian Kinerja Melalui Komitmen Pegawai Sebagai Variabel Intervening di Dinas Kesehatan Kabupaten Jember

Bisowarno, Bandot (2024) Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dan Kompetensi Terhadap Pencapaian Kinerja Melalui Komitmen Pegawai Sebagai Variabel Intervening di Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (776kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (731kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi saat ini dibutuhkan berbagai perubahan baik pada instansi atau organisasi hingga individu yang berperan didalamnya, dimana dituntut untuk terus dapat aktif berinovasi dan merespon cepat segala kebutuhan dalam mengembangkan organisasi. Setiap instansi pemerintahan berkepentingan terhadap kinerja terbaik yang mampu dihasilkan oleh rangkaian sistem yang berlaku dalam organisasi tersebut. Manajemen SDM merupakan salah satu faktor kunci untuk mendapatkan kinerja terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh organizational citizenship behaviour (OCB) dan kompetensi terhadap komitmen pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Jember; untuk mengetahui pengaruh organizational citizenship behaviour (OCB) dan kompetensi terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Jember; untuk mengetahui pengaruh komitmen pegawai terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Jember; serta mengetahui pengaruh organizational citizenship behaviour (OCB) dan kompetensi terhadap kinerja pegawai melalui komitmen pegawai di Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal komparatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini yaitu Pegawai di Dinas Kesehatan Kabupaten Jember yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN dan PPPK) termasuk pegawai Puskesmas dan UPTD sebanyak 1.531 orang. Sampel ditentukan dengan rumus slovin sebanyak 100 responden. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmatPLS. Hasil penelitian menyatakan Organizational citizenship behaviour (OCB) dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Organizational citizenship behaviour (OCB) dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Komitmen pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Organizational citizenship behaviour (OCB) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja pegawai melalui komitmen pegawai di Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai melalui komitmen pegawai di Dinas Kesehatan Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Organizational Citizenship Behaviour (OCB), Kompetensi, Komitmen Pegawai, dan Kinerja Pegawai
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 330 Economics
300 Social Science > 330 Economics > 335 Socialism and Related Systems
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: BANDOT BISOWARNO
Date Deposited: 13 Jul 2024 01:32
Last Modified: 13 Jul 2024 01:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21474

Actions (login required)

View Item View Item