PERBANDINGAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KONVENSIONAL (Pada Sub Pokok Bahasan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk Semester Genap Tahun pelajaran 2014/2015)

Natalia, Yurike (2015) PERBANDINGAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KONVENSIONAL (Pada Sub Pokok Bahasan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk Semester Genap Tahun pelajaran 2014/2015). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Image
image00005.jpg

Download (267kB)
[img] Image
image00006.jpg

Download (348kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh persoalan proses pembelajaran yang cenderung membuat siswa pasif. Pada umumnya guru masih menggunakan model pembelajaran lama yang cenderung berlangsung komunikasi satu arah dari guru ke siswa sehingga mengakibatkan hasil belajar dan berpikir matematis siswa rendah. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika kepada siswa, digunakan metode problem based learning sehingga siswa turut aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan bertujuan (1) untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara berpikir matematis siswa yang diajar menggunakan metode problem based learning dengan metode konvensional, (2) untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih baik antara berpikir matematis siswa yang diajar menggunakan metode problem based learning dengan metode konvensional, (3) untuk mengetahui berpikir matematis mana yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan metode problem based learning dengan metode konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Jelbuk bulan April. Subjek penelitian adalah 65 siswa di dua kelas yaitu kelas VII A dan VII D. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu, satu kelas eksperimen belajar dengan menggunakan pembelajaran problem based learning dan satu kelas kontrol belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil pre-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung < Z table yaitu 0.26 < 1.96. Dari hasil post-testnya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung > Ztabel yaitu 4.68 > 1.96 dan hasil observasi berpikir matematis kelas eksperimen adalah 27,9 dengan prosentase 87,2% kriterianya sangat matematis, sedangkan berpikir matematis kelas kontrol adalah 24,8 dengan prosentase 77,6% kriterianya matematis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara berpikir matematis siswa yang diajar dengan metode problem based learning dengan metode konvensional. Hasil belajar antara berpikir matematis siswa yang diajar dengan metode problem based learning lebih baik daripada metode konvensional. Dan berpikir matematis siswa yang diajar menggunakan metode problem based learning lebih baik daripada metode konvensional pada sub pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Berpikir Matematis, Problem Based Learning, Metode Konvensional, Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:31
Last Modified: 04 Mar 2024 08:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item View Item