Trend Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023

Efendi, Febian Dwi (2024) Trend Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trend manajemen laba pada perusahaan maufaktur yang beroperasi di sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Trend manajemen laba termasuk salah satu cara dalam mengacu perubahan pada praktik yang digunakan oleh perusahaan untuk memanipulasi atau mengelola laporan keuangannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi manajemen laba diantaranya perencanaan pajak, beban pajak penghasilan dan profitabilitas. Manajemen pada perusahaan bertujuan untuk meningkatkan laba perusahaan agar menghasilkan laba yang stabil akan mencerminkan pendapatan di masa yang akan datang sehingga kinerja perusahaan terlihat keadaan yang sebenarnya. Perusahaan makanan dan minuman menjadi perhatian khusus karena dalam situasi krisis ataupun tidak, produk makanan dan minuman tetap menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 45 perusahaan dengan pemilihan sampel yang digunakan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 8 perusahaan yang memenuhi kriteria. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yakni dengan dengan menganalisis data-data laporan keuangan yang mengenai analisis trend sebagai prediksi peningkatan laba. Analisis trend adalah teknik statistik yang digunakan untuk memprediksi atau meramalkan kejadian di masa depan. Untuk melakukan peramalan yang baik, dibutuhkan macam-macam informasi data yang cukup dan harus diamati dalam jangka waktu yang relatif lama, agar hasil analisis tersebut dapat diketahui berapa tinggi fluktuasi yang terjadi serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap perubahan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan pengujian yang dilakukan menggunakan software Microsof Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trend manajemen laba menggambarkan adanya fluktuasi secara signifikan dalam praktik manajemen laba di antara perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2023. Kata kunci : manajemen laba, perencanaan pajak, profitabilitas, beban pajak penghasilan dan analisis trend.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajemen laba, perencanaan pajak, profitabilitas, beban pajak penghasilan dan analisis trend.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: FEBIAN DWI EFENDI
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:43
Last Modified: 15 Jul 2024 02:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21498

Actions (login required)

View Item View Item