PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERKELOMPOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL ( Sub Pokok Bahasan Kubus Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Suren Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)

Hotimah, Dewi Husnul (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERKELOMPOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL ( Sub Pokok Bahasan Kubus Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Suren Jember Tahun Pelajaran 2014/2015). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
DEWI HUSNUL HOTIMAH 1110250188.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang peneltian ini adalah karena pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Maju mundurnya suatu pendidikan ditentukan oleh kreativitas bangsa itu sendiri. Salah satu cabang ilmu yang penting untuk dipelajari adalah matematka. Akan tetapi masih anyak siswa yang kesulitan dalam memcahkan masalah dala matematika. Hal ini disebabkan karena kebanyakan guru masih menggunakan model pembelajaran Konvensional. Model Pemelajaran Problem Posing Berkelompok adalah model pembelajaran yang mengharuskan siswa membuat soal sendiri beserta penyelesaiannya. Sedangkan Model Pembelajaran Konvensional adalah salah satu metode pemelajaran yang memusatkan pada metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Miftahul Ulum Suren. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D segai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen berbentuk quasi experimental design dengan desain penelitiannya adalah pre-test post-test control group desain. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara terstuktur dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh alampenelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperien dan kelas kontrol dengan nilat t’hitung (t’hitung = 4,86 = 2,03. Bedasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswyang dijar menggunaan model pembelajaran Problem Posing Berkelompok engan Model Pemelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Endang Dewi Kartika
Date Deposited: 05 Mar 2024 06:52
Last Modified: 05 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21504

Actions (login required)

View Item View Item