PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKANPENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING (Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Persegi di Kelas VIIA SMP Negeri Sumberkalong Kalisat - Jember)

FRAHATNOLO, RIO (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKANPENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING (Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Persegi di Kelas VIIA SMP Negeri Sumberkalong Kalisat - Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
RIO FRAHATNOLO 1110251055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Reciprocal merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang memiliki manfaat agar tujuan pembelajaran tercapai melalui kegiatan belajar mandiri sehingga peserta didik mampu menjelaskan temuannya kepada pihak lain serta dapat meningkatkan kemampuannya dalam belajar mandiri. Dari beberapa pendapat peniliti, maka diharapkan terjadi aktivitas antara guru dan siswa sehingga ditemukanlah pembelajaran efektif yang berlangsung dikelas. Masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal (Reciprocal Teaching) kelas VII A SMP Negeri Sumberkalong Semester Genap Tahun ajaran 2014 / 2015 aktivitas belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menggunakan pembelajaran Reciprocal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 07 April 2015 sampai tanggal 29 April 2015 di SMP Negeri Sumberkalong. Peneliti menggunakan 3 jenis pengumpulan data yaitu pengamatan, tes, dan wawancara. Variabel bebas adalah pembelajaran menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching, sedangkan variabel terikat : aktivitas belajar siswa; hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa dalam aspek membuat rangkuman, membuat pertanyaan, memprediksi materi, dan mengklarifikasi materi. Dan pada hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,91% dan mengalami peningkatan setelah melalui siklus II sebesar 95,56%. Hasil belajar pada siklus II telah memenuhi syarat tuntas klasikal kelas dengan minimum 80%. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal (Reciprocal Teaching) kelas VIIA SMP Negeri Sumberkalong Semester genap Tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:00
Last Modified: 05 Mar 2024 07:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21505

Actions (login required)

View Item View Item