Hubungan Faktor-Faktor (Fisika, Kimia, Biologi) Pencemaran Air Terhadap Pertumbuhan Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) Di Bendungan Sampean Baru Kabupaten Bondowoso Sebagai Sumber Belajar SMA Kelas X

Mardiana, Ita (2024) Hubungan Faktor-Faktor (Fisika, Kimia, Biologi) Pencemaran Air Terhadap Pertumbuhan Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) Di Bendungan Sampean Baru Kabupaten Bondowoso Sebagai Sumber Belajar SMA Kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (722kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mardiana, Ita. 2024. Hubungan Faktor-Faktor (Fisika, Kimia, Biologi) Pencemaran Air Terhadap Pertumbuhan Eceng Gondok (Eichornia crassipes) di Bendungan Sampean Baru Kabupaten Bondowoso Sebagai Sumber Belajar SMA Kelas X. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Ika Priantari, S.Si,M.Pd. (2) Dr. Agus Prasetyo Utomo,S.Si,.M.Pd. Kata Kunci : Eceng Gondok (Eichornia crassipes), Pencemaran Air, Handout Eceng gondok sebagai bioindikator pencemaran air memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Kurikulum Merdeka (KUMER) yang merupakan kurikulum dengan pebelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor (fisika,kimia, biologi) pencemaran air yang berpengaruh terhadap pertumbuhan eceng gondok (Eichornia crassipes) dan bagaimana memanfaatkannya sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pencemaran air yang kemudian dikembangkan menjadi bahan ajar berupa handout. Penelitian di lakukan di Bendungan Sampean Baru Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini termasuk jenis penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Desseminate). Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode transek kuadran di dua stasiun penelitian dan dilakukan pencatatan dan pengamatan secara visual dilokasi pengamatan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari UPT Pengelolaan Sumber Daya Air wilayah sungai Sampean Baru. Setelah kedua data tersebut di analisi kemudian dikembangkan sebagai bahan ajar dan dilanjut dengan uji coba validasi ahli. Berdasarkan hasil penelitian di lokasi 1 dan lokasi 2 Bendungan Sampean Baru rata-rata intensitas cahaya 433,43 Lux, salinitas 13,930/00, kelembaban 62,88RH, kedalaman 74,43 cm, temperatur 24,7 oC , residutersuspensi 58,4 mg/L, pH 8, BOD 29,58 mg/L, COD 13,25 mg/L, DO 4,05 mg/L, Total fosfat 0,063 mg/L, NO3N 1,577 mg/L, NH3-N o,163 mg/L, NO2N 0,174 mg/L, minyak 1,9 µg/L, MBAS 0.031 µg/L, tembaga 0,031 mg/L, Total coliform 79,5 jml/100m dan fecal coliform 32 jml/100m. Produk penelitian ini berupa bahan ajar handout yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli Bahasa, ahli media dan 2 orang guru SMA dengan rata-rata nilai validasi yang diperoleh yaitu 82,78 dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahan ajar Handout pada perubahan lingkungan (pencemaran air) dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eceng Gondok, Pencemaran Air, Sumber Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ita Mardiana
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:27
Last Modified: 16 Jul 2024 02:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21571

Actions (login required)

View Item View Item