Implementasi Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini sebagai Tindak Pencegahan Kkekerasan Seksual (Studi Survey pada Mahasiswa PPG Daljab Bidang Studi PAUD)

Pramesti, Evita (2024) Implementasi Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini sebagai Tindak Pencegahan Kkekerasan Seksual (Studi Survey pada Mahasiswa PPG Daljab Bidang Studi PAUD). Undergraduate thesis, S1 Pendidikan Anak Usia Dini.

[img] Text
1. PENDAHULUAN (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK (1).pdf

Download (282kB)
[img] Text
3. BAB I (1).pdf

Download (403kB)
[img] Text
4. BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (520kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan seksual adalah sebuah proses untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk mencegah adanya kekerasan seksual. Di indonesia terdapat banyak sekali pelecehan seksual yang dialami oleh anak usia dini, maka perlunya penanaman pendidikan seksual dilakukan sejak dini. Masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan seksual pada anak usia dini oleh mahasiswa PPG daljab dalam upaya pencegahan kekerasan seksual dengan fokus penelitian mengukur 3 indikator kognitif, afektif, dan psikomotor mahasiswa PPG studi PAUD dalam mengimplementasikan pendidikan seksual untuk pencegahan kekerasan seksual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pendidikan seksual pada anak usia dini oleh mahasiswa PPG daljab dalam upaya pencegahan kekerasan seksual dengan fokus penelitian mengukur 3 indikator kognitif, afektif, dan psikomotor mahasiswa PPG studi PAUD dalam mengimplementasikan pendidikan seksual untuk pencegahan kekerasan seksual. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan studi survei. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan kuesioner yang dibuat melalui google formulir dan disebarkan melalui whatsapp. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan kognitif mahasiswa ppg daljab cenderung sedang yaitu sekitar 52%, pada indikator afektif yang meliputi perasaan mahasiswa saat menyampaikan pendidikan seksual menunjukkan sebanyak 70% mahasiswa percaya diri, namun mahasiswa masih takut dalam menyampaikan topik jenis kelamin, dan kemampuan mahasiswa dalam aspek psikomotorik cenderung sedang sekitar 48% sudah menggunakan media konkrit dan menarik, namun mahasiswa masih belum begitu baik dalam menyampaikan topik cara menjaga anggota tubuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan seksual, mahasiswa ppg, anak usia dini
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Evita Dwi Pramesti
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:18
Last Modified: 18 Jul 2024 01:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21745

Actions (login required)

View Item View Item