ANALISIS PERFORMA SEPEDA MOTOR SISTEM INJEKSI 110 CC MENGGUNAKAN ELECTRONIC CONTROL UNIT (ECU) STANDAR DAN ECU STANDAR REMAPPING

Pratama, Fharhan Hidayat (2024) ANALISIS PERFORMA SEPEDA MOTOR SISTEM INJEKSI 110 CC MENGGUNAKAN ELECTRONIC CONTROL UNIT (ECU) STANDAR DAN ECU STANDAR REMAPPING. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (572kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB) | Request a copy

Abstract

Sistem injeksi atau yang juga dikenal dengan fuel injection merupakan teknologi kontrol yang dapat secara cepat, akurat, proporsional dan optimal mengatur campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Sistem injeksi ini diatur oleh Electronic Control Unit (ECU). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh performa, suhu dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh sepeda motor sistim injeksi 110 cc dengan menggunakan Electronic Control Unit (ECU) standar dan Electronic Control Unit (ECU) standar remapping variasi bahan bakar pertalite dan pertamax. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu metode untuk mencari hubungan sebab akibat antara kedua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat dynotest. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan performa, saat menggunakan ECU standar bahan bakar pertalite memperoleh daya maksimum 7,3 hp menjadi 7,6 hp saat menggunakan ECU standar remapping bahan bakar pertalite, saat menggunakan ECU standar bahan bakar pertamax memperoleh daya maksimum 7,4 hp menjadi 7,7 hp saat menggunakan ECU standar remapping bahan bakar pertamax, untuk torsi maksimum saat menggunakan ECU standar bahan bakar pertalite mendapatkan 9,38 Nm menjadi 9,58 Nm saat menggunakan ECU standar remapping bahan bakar pertalite, untuk torsi maksimum saat menggunakan ECU standar bahan bakar pertamax mendapatkan 9,52 Nm menjadi 10,27 Nm, saat menggunakan ECU standar remapping bahan bakar pertamax, untuk pengujian suhu dan konsumsi bahan bakar diperoleh bahwa semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi juga suhu dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan untuk perbandingan ECU standar dengan ECU standar remapping konsumsi pada ECU standar remapping lebih tinggi baik ketika menggunakan bahan bakar pertalite maupun pertamax.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Performa, Sistem Injeksi, ECU, Dynotest.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Fharhan Hidayat Pratama
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:29
Last Modified: 19 Jul 2024 02:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item View Item