Perancangan Game Edukasi Berhitung Matematika Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode FSM (Finite State Machine)



Nur Eko, Budi Saputra (2024) Perancangan Game Edukasi Berhitung Matematika Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode FSM (Finite State Machine). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of halam depan.pdf] Text
halam depan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Perancangan Game Edukasi Berhitung Matematika Untuk Anak Usia Dini
Menggunakan Metode FSM (Finite State Machine)
Nur Eko Budi Saputra1
Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember1
Email: nurekobudisaputra87@gmail.com
ABSTRAK
Kemampuan berhitung pada anak usia dini, berperan dalam merangsang
kemampuan berpikir mereka. Penerapan teknologi seperti penggunaan game
edukatif berbasis mobile, dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan
minat dan motivasi belajar anak-anak dalam berhitung. Penelitian ini bertujuan
untuk membantu anak-anak usia dini dalam mempelajari perhitungan dasar,
mengukur tingkat pemahaman siswa mengenai perhitungan dasar, dan untuk
mengembangkan kemampuan kognitif dan motorik anak usia dini. Penelitian ini
menggunakan metode finite state machine atau FSM, yang memungkinkan
pengembang untuk dapat merancang dan menerapkan interaksi antara karakter
game dan lingkungannya secara sistematis dan terstruktur. Pengembangan game
matematika ini melalui enam tahap, yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan,
assembly, pengujian, dan pendistribusian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Finite State Machine (FSM) berhasil diterapkan sebagai strategi action animation
prediction di karakter untuk menentukan aksi pada animasi 2D yang akan dibuat.
Penggunaan metode Finite State Machine pada game membuat permainan menjadi
lebih tertata dan teratur dikarenakan penyelesaian perintah atau misi dilakukan
secara bertahap. Berdasarkan hasil perhitungan User Acceptance Test (UAT),
diperoleh nilai sebesar 88% dari nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa game
matematika dasar ini berhasil menarik minat dan layak untuk dimainkan oleh
pengguna.
Kata Kunci : Game Edukasi, Matematika, Anak Usia Dini, Finite State Machine

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Contributors
Hardian, Oktavianto
nidn0722108105
Contributors
Syarif, Hidayatuiiah
nidn0728079101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Game Edukasi, Matematika, Anak Usia Dini, Finite State Machine
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Nur Eko Budi Saputra | nurekobudisaputra87@gmail.com
Date Deposited: 20 Jul 2024 01:18
Last Modified: 20 Jul 2024 01:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item View Item