Perancangan Game Edukasi Berhitung Matematika Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode FSM (Finite State Machine)

Nur Eko, Budi Saputra (2024) Perancangan Game Edukasi Berhitung Matematika Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode FSM (Finite State Machine). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
halam depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (147kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (209kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Perancangan Game Edukasi Berhitung Matematika Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode FSM (Finite State Machine) Nur Eko Budi Saputra1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember1 Email: nurekobudisaputra87@gmail.com ABSTRAK Kemampuan berhitung pada anak usia dini, berperan dalam merangsang kemampuan berpikir mereka. Penerapan teknologi seperti penggunaan game edukatif berbasis mobile, dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar anak-anak dalam berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk membantu anak-anak usia dini dalam mempelajari perhitungan dasar, mengukur tingkat pemahaman siswa mengenai perhitungan dasar, dan untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan motorik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode finite state machine atau FSM, yang memungkinkan pengembang untuk dapat merancang dan menerapkan interaksi antara karakter game dan lingkungannya secara sistematis dan terstruktur. Pengembangan game matematika ini melalui enam tahap, yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan, assembly, pengujian, dan pendistribusian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Finite State Machine (FSM) berhasil diterapkan sebagai strategi action animation prediction di karakter untuk menentukan aksi pada animasi 2D yang akan dibuat. Penggunaan metode Finite State Machine pada game membuat permainan menjadi lebih tertata dan teratur dikarenakan penyelesaian perintah atau misi dilakukan secara bertahap. Berdasarkan hasil perhitungan User Acceptance Test (UAT), diperoleh nilai sebesar 88% dari nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa game matematika dasar ini berhasil menarik minat dan layak untuk dimainkan oleh pengguna. Kata Kunci : Game Edukasi, Matematika, Anak Usia Dini, Finite State Machine

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Matematika, Anak Usia Dini, Finite State Machine
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Nur Eko Budi Saputra
Date Deposited: 20 Jul 2024 01:18
Last Modified: 20 Jul 2024 01:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item View Item