Pengembangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada Halaman Web Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Jember Menggunakan Metode Design Thinking

Firmansyah, Mohammad (2024) Pengembangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada Halaman Web Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Jember Menggunakan Metode Design Thinking. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy

Abstract

Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Jember (SIA Unmuh Jember) merupakan suatu sistem yang dirancang untuk memudahkan berbagai urusan yang berkaitan dengan pengelolaan akademik. Web SIA Unmuh Jember digunakan untuk membantu mahasiswa mengakses informasi akademik. Namun, berdasarkan sampel kuesioner kritik dan saran dari pengguna web SIA Unmuh Jember, terdapat beberapa pernyataan terkait dengan kekurangan dalam aspek visual dan pengalaman pengguna.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada halaman web SIA Unmuh Jember menggunakan metode Design Thinking. Metode ini melibatkan lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Tahap Empathize dilakukan untuk memahami kebutuhan dan masalah pengguna. Tahap Define digunakan untuk merumuskan masalah secara jelas. Tahap Ideate dilakukan untuk menghasilkan berbagai ide solusi. Tahap Prototype dilakukan untuk membuat prototipe dari solusi yang dipilih. Tahap Test dilakukan untuk menguji dan mengevaluasi prototipe tersebut. Hasil dari penelitian ini mendapatkan hasil skor SUS dengan nilai 82,85 dan menunjukkan bahwa pengembangan UI dan UX dengan metode Design Thinking dapat meningkatkan kepuasan pengguna dalam mengakses informasi akademik di web SIA Unmuh Jember. Prototipe yang dikembangkan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan tampilan antarmuka yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SIA Unmuh Jember, User Interface, User Experience, Design Thinking
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 003 Systems
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Mohammad Firmansyah
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:11
Last Modified: 20 Jul 2024 02:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21986

Actions (login required)

View Item View Item