KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGEMIS DALAM PEMBERIAN JAMINAN SOSIAL (BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN JEMBER NO 8 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI KABUPATEN JEMBER)

Febrianto, Muhammad Feri Luhur (2024) KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGEMIS DALAM PEMBERIAN JAMINAN SOSIAL (BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN JEMBER NO 8 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (851kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Masyarakat terus menghadapi modifikasi, dan perbedaannya terletak atas tingkat dan sifat perubahan tersebut. Salah satu penyebab utama perubahan dalam masyarakat adalah proses modernisasi yang berlangsung. Selain faktor modernisasi, manusia terdorong untuk menjadi pengemis karena berbagai faktor psikologis dan budaya yang kompleks. Dengan latar belakang yang telah disajikan sebelumnya, terdapat rumusan masalah yang yaitu, bagaimana perlindungan hukum yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jember terhadap pengemis dalam memberikan jaminan sosial. Penelitian ini bersifat yuridis normatif, yang berarti masalah yang dianalisis didasarkan pada penerapan aturan atau norma hukum positif. Penelitian yuridis normatif dilakukan dengan mengkaji berbagai peraturan hukum formal, seperti undang-undang, serta literatur yang memuat konsep-konsep teoritis. Pemerintah Kabupaten Jember memberikan perlindungan hukum kepada pengemis dan gelandangan melalui Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2014 tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis di Kabupaten Jember. Namun, penting tuk memberikan jaminan sosial secara selektif kepada mereka. Program jaminan sosial di rumah perlindungan sosial bertujuan preventif, mencakup aspek kesehatan, pendidikan, tempat tinggal, serta keterampilan. Upaya ini telah membuahkan hasil dengan pengurangan angka gelandangan serta pengemis, membuktikan keberhasilan Dinas Sosial dalam mengatasi masalah ini. Pemberian jaminan sosial, termasuk kesehatan, oleh Dinas Sosial adalah bagian dari perlindungan jiwa masyarakat, termasuk gelandangan mapun pengemis, yang memiliki hak yang setara dengan masyarakat lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Social Security
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 340 Law
300 Social Science > 340 Law > 348 Laws, Regulations & Cases
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Muhammad Feri Luhur Febrianto
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:46
Last Modified: 20 Jul 2024 03:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22029

Actions (login required)

View Item View Item