Ghosin, Nur (2024) ANALISIS PEMBEBANAN PADA POROS RODA DEPAN MOBIL LISTRIK 2KW MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA DENGAN SOFTWARE CATIA V5R20. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (494kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (653kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (583kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BIODATA.pdf Download (492kB) |
Abstract
Poros adalah suatu bagian batang bulat yang bekerja sebagai penyalur daya dengan cara stasioner yang beputar, biasanya terpasang pada elemen-elemen seperti roda gigi, pulley, kopling, as roda dan lainnya. Poros dapat menerima beberapa bentuk pembebanan tergantung penempatan dan kegunaannya seperti beban lenturan, beban tarikan, beban tekan atau beban puntiran yang bekerja satu dengan lainnya. Metode elemen hingga adalah metode numerik yang digunakan untuk mengatasi masalah nilai batas yang dikarakteristikkan dengan persamaan diferensial parsial dan kondisi batas. Ada beberapa permasalahan yang dapat diselesaikan oleh metode elemen hingga diantaranya adalah masalah tegangan, tekukan dan analisis getaran. CATIA adalah salah satu software yang dikembangkan sebagai alat desain sebuah produk yang dibuat dengan mendasarkan pada teori yang terdapat dalam perumusan metode elemen hinga. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui hasil simulasi pembebanan pada poros roda menggunakan metode elemen hingga dengan software Catia V5R20. Jenis pembebanan yang digunakan pada poros roda adalah beban statis. Beban statis yang digunakan berasal dari beban penumpang dan beban kendaraan yaitu sebesar 491,33 N. Material yang digunakan pada poros roda yaitu karbon baja AISI 1045. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Jember. Berdasarkan hasil perhitungan secara komputasi didapatkan nilai tegangan von mises maksimum yaitu 〖3 x 10^8 N/m〗^2 terletak pada bagian pangkal poros roda sedangkan nilai tegangan von mises minimum yaitu 〖3 x 10^7 N/m〗^2 terletak pada ujung poros. Nilai displacement maksimum yaitu 3,32 mm yang terletak pada bagian ujung poros roda, sedangkan nilai displacement minimum yaitu 0,332 mm yang terletak pada pangkal poros.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Poros roda, metode elemen hingga, CATIA V5R20, tegangan von mises, displacement. | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design > 691 Building Material | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | Nur Ghosin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nurghosin@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 01:41 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 01:41 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22049 |
Actions (login required)
View Item |