Strategi Komunikasi Antar Budaya dalam Upaya Revitalisasi Kebudayaan Jawa Timur Dalam Event Sattva Aksara Budaya

Akbar, Athara Muhammadi (2024) Strategi Komunikasi Antar Budaya dalam Upaya Revitalisasi Kebudayaan Jawa Timur Dalam Event Sattva Aksara Budaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Halaman Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (763kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Budaya adalah sebuah hal yang tidak pernah terpisahkan dari kehidupan kita. Budaya sendiri adalah sebuah cara atau kebiasaan kita dalam menjalani kehidupan. Budaya sendiri terdiri dari semua aktivitas kita. Budaya sangatlah lekat dengan aspek kehidupan masyarakat luas terutama masyarakat Indonesia. Namun, dengan seiring berkembangnya zaman, kebudayaan mulai luntur di generasi muda, salah satu penyebabnya yakni masuknya budaya asing dengan mudah ke Indonesia. Maka dari itu, sebagai jalan keluar dalam menangani hal tersebut, perlu adanya upaya pelestarian budaya lokal. Karena hal ini lah, penulis yang tergabung dalam tim Niskala membuat sebuah event yang mana dalam event tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya - budaya lokal yang mulai terkikis saat ini terutama budaya Jawa Timur. Event ini berjudul Sattva Aksara Budaya, yang memiliki arti berani menulis kembali budaya didalam diri kita. Dalam laporan ini penulis akan membahas bagaimana peranan dari komunikasi antar budaya dalam upaya pelestarian yang akan dilakukan dalam event Sattva Aksara Budaya ini. Penulis menggunakan metode penulisan laporan kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi untuk memperoleh data dalam penyusunan laporan. Dalam hasil laporan ini bisa diambil kesimpulan bahwa komunikasi antar budaya memiliki peranan yang sangat penting dalam proses revitalisasi budaya lokal. Sebab, dalam prosesnya kita perlu pengenalan serta pendekatan dengan kebudayaan tersebut agar pesan yang disampaikan tidak disalah artikan oleh berbagai pihak baik masyarakat umum maupun generasi muda.Namun, dalam pelaksanaan event tersebut tak lepas dari beberapa hambatan mulai dari konsep yang sering berubah – ubah, pendanaan yang tidak memadai, serta sering terjadinya misskomunikasi dalam tim sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antar Budaya, Kebudayaan, Jawa Timur, Peran Komunikasi Antar Budaya, Budaya Jawa Timur, Sattva Aksara Budaya
Subjects: 300 Social Science > 306 Culture & Istitutions
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Department: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Athara Muhammadi Akbar
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorCahyono, Hery Bnidn0713046301
Contact Email Address: atharamakbar@gmail.com
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:19
Last Modified: 26 Jul 2024 02:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22375

Actions (login required)

View Item View Item