PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL WAKTU PEMBERIAN Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)

Maharani, Nova Cintya (2024) PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL WAKTU PEMBERIAN Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) merupakan tanaman termasuk dalam family Cucurbitaceae (tanaman labu-labuan). Proses budidaya yang dilakukan oleh petani di Indonesia tidak bisa lepas dengan penggunaan pupuk kimia yang dapat menghilangkan mikroorganisme penyubur yang berasal dari tanah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat memberikan Plant Growth Promothing Rhizobacteria (PGPR), akan tetapi dalam pemberian Plant Growth Promothing Rhizobacteria (PGPR) harus memperhatikan konsentrasi dan waktu yang akan diberikan karena dengan hal tersebut dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan waktu pemberian Plant Growth Promothing Rhizobacteria (PGPR) terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus L.) Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang terdiri dari dua faktor yaitu konsentrasi PGPR (K) dalam 4 taraf, yaitu : K0 = kontrol, K1 = 30 ml/L, K2 = 60 ml/L, K3 = 90 ml/L dan interval waktu pemberian (W) dalam 2 taraf, yaitu : W1 = interval waktu pemberian 7 hst, W2 = interval waktu pemberian 14 hst. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan pemberian konsentrasi PGPR berpengaruh nyata terhadap hasil produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus L.), terbukti pada semua variabel pengamatan kecuali diameter buah. Perlakuan K3 (90 ml/L) merupakan perlakuan terbaik. Perlakuan interval waktu pemberian berpengaruh nyata terhadap hasil produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus L.), terbukti pada variabel pengamatan tinggi tanaman, berat buah, jumlah buah perplot, dan berat buah perplot. Perlakuan W1 (7 hst) merupakan perlakuan terbaik. Interaksi perlakuan konsentrasi PGPR dan interval waktu berpengaruh nyata pada hasil produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus L.), terbukti pada variabel pengamatan, berat buah, diameter buah, jumlah buah perplot, dan berat buah perplot. Interaksi perlakuan K3W1 (90 ml/L, interval 7 hst) merupakan perlakuan terbaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PGPR, Interval Waktu, Tanaman Mentimun
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Department: S1 Agroteknologi
Depositing User: Nova Cintya Maharani
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorTriapama, BagusNIDN0030086301
Thesis advisorWijaya, InsanNIDN0728086202
Contact Email Address: novacintyabaru@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:46
Last Modified: 29 Jul 2024 06:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22665

Actions (login required)

View Item View Item