Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Perkembangan Perilaku Anak Autisme dengan Metode Aba di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus Pelangi Harapan Ajung, Jember



Soleha, Agustin Maulidatus (2017) Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Perkembangan Perilaku Anak Autisme dengan Metode Aba di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus Pelangi Harapan Ajung, Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK
Anak autisme memiliki gangguan perkembangan saraf yang kompleks dan kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi, perilaku terbatas, dan berulang-ulang. Hal ini menyebabkan komunikasi anak autisme menjadi tidak efektif dan perkembangan perilaku yang lambat. Komunikasi interpersonal yang dilakukan guru dengan anak autisme dapat membantu perkembangan perilaku anak autisme tersebut. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal guru dengan anak autisme melalui metode ABA, cara yang dilakukan oleh guru dalam perkembangan perilaku anak autisme, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesembuhan anak autisme dan cara guru melakukan komunikasi interpersonal secara efektif dengan anak autisme. Lokasi penelitian bertempat di perumahan Bhayangkara, Jln. M.H Thamrin Ajung, Jember. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang guru pembimbing menyampaikan komunikasi secara efektif. Guru pembimbing memiliki cara untuk membangun perkembangan anak autisme melalui metode ABA dengan memberikan permainan disela-sela proses pembelajaran berlangsung. Dalam proses kesembuhan anak autisme juga terdapat beberapa faktor berupa dorongan serta durasi waktu. Autisme bukan suatu penyakit yang tidak bisa disembuhkan anak autisme mampu berkembang selayaknya masyarakat pada umumnya dengan melalui komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru kepada anak terhadap perkembangan perilaku melalui metode ABA.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Thamrin, Mohammad
nidn0028086102

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Guru, Anak Autisme, Metode ABA
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Endang Dewi Kartika | endangdewika@gmail.com
Date Deposited: 26 May 2018 02:01
Last Modified: 18 Sep 2019 13:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item